Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Suara Penyelesaian Konflik Laut China Selatan akan Dideklarasikan di Tengah Laut Natuna Utara

LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Rabu, 08 Desember 2021, 20:07 WIB
Suara Penyelesaian Konflik Laut China Selatan akan Dideklarasikan di Tengah Laut Natuna Utara
Peta Laut Natuna Utara/Net
Suarakan penyelesaian konflik laut China selatan, sejumlah elemen masyarakat akan mendeklarasikan Majelis Rakyat Global Indonesia di tengah Laut Natuna Utara.

Koordinator Eksekutif Jaringan Aktivis Kemanusiaan Internasional (JAKI) Yudi Syamhudi Suyuti mengatakan, Inisiator dari Majelis Rakyat Global Indonesia adalah organisasi masyarakat sipil JAKI dan Indonesian Club.

Sejauh ini, Panita Majelis Rakyat Global Indonesia ini sudah dibentuk, terdiri dari Yudi Syamhudi Suyuti, Harstsa Mashirul dan Gigih Guntoro.

Dijelaskan Yudi, pihaknya sedang menyiapkan keperluannya, termasuk perizinan dan mencari kapal yang akan digunakan deklarasi.

Yudi mengatakan, tujuan dari deklarasi ini adalah untuk mewujudkan prinsip-prinsip kemanusiaan dan keadilan sosial yang bermartabat.

Ia berharap, ada dukungan dari kekuatan pertahanan dan keamanan global.

"Mendukung upaya pencapaian penyelesaian konflik di Laut Cina Selatan dengan didasari hukum internasional, penghormatan kedaulatan laut nasional dan pencapaian kesepakatan baru," demikian kata Yudi, Rabu (8/12).

Majelis Rakyat Global Indonesia adalah bentuk inisiatif manifesto politik Indonesia Pembukaan UUD 45, Deklarasi Hak Asasi Manusia 1948 dan Piagam Atlantik 1941.

Selain itu, Majelis Rakyat Global Indonesia melakukan aksi sebagai bentuk penegasan UNCLOS 1982.

"(Tujuannya) untuk mendorong perundingan damai dengan Cina sekaligus menjembatani ketegangan Amerika Serikat dan Cina," pungkasnya.

Dalam deklarasi itu, jelas Yudi, pihaknya akan bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri, TNI, Polri dan Masyarakat Sipil ASEAN dan global.

ARTIKEL LAINNYA