Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Hadapan Presiden Jokowi, Firli Bahuri Urai Keberhasilan KPK Selamatkan Potensi Kerugian Negara Rp 46,5 T

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 09 Desember 2021, 10:47 WIB
rmol news logo Keberhasilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam menyelamatkan potensi kerugian negara hingga puluhan triliun dibeberkan dalam acara Puncak Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2021 di Gedung Juang Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada Kav 4, Setiabudi, Jakarta Selatan, Kamis pagi (9/12).

Di hadapan Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, Ketua KPK Firli Bahuri mengurai bahwa sepanjang 2021 pihaknya sudah menyelamatkan potensi kerugian negara hingga Rp 46,5 triliun dan mengembalikan ke kas negara sebanyak Rp 2,6 triliun.

Firli memastikan bahwa KPK tidak pernah lelah untuk memberantas korupsi. Sekalipun pandemi Covid-19 telah membuat banyak tantangan yang perlu diatasi.

Terbukti selama berdirinya KPK, sebanyak 1.291 tersangka yang ditahan KPK yang terdiri dari 22 gubernur, 133 bupati dan walikota, 281 anggota legislatif, dan lebih dari 300 pihak swasta atau pelaku usaha.

"Yang berikutnya khusus di tahun 2021, KPK di dalam kegiatan membantu pemerintah untuk meningkatkan pendapatan negara, KPK telah menyelamatkan pengembalian kerugian negara sebesar Rp 2,6 triliun untuk tahun 2021," ujar Firli.

Pengembalian keuangan negara tersebut terdiri dari Rp 2,06 triliun dari denda, uang pengganti dan rampasan; dan Rp 630,3 miliar dari penetapan status dan penggunaan dana hibah.

Selain itu, KPK juga telah menyelamatkan potensi kerugian negara sebesar Rp 46,5 triliun. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA