Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Deddy Sitorus: Biaya Pembangunan Pier Kereta Cepat yang Salah Koordinat Jangan Dibebankan ke Negara!

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 09 Desember 2021, 13:28 WIB
Deddy Sitorus: Biaya Pembangunan Pier Kereta Cepat yang Salah Koordinat Jangan Dibebankan ke Negara!
Anggota Komisi VI DPR RI, Deddy Yevri Hanteru Sitorus/Net
Pembongkaran tiang pancang atau pier Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang disebabkan kesalahan konstruksi ikut disoroti DPR RI.

Salah satu yang angkat bicara ialah Anggota Komisi VI DPR RI, Deddy Yevri Hanteru Sitorus, yang menyayangkan ada salah koordinat dari peletakan pier dari proyek strategis negara (PSN) tersebut.

Namun, satu hal yang dia soroti dari kejadian ini adalah mengenai biaya rework tiang pancang KCJB yang berada tepat di DK46, Teluk Jambe, Kabupaten Karawang.

Dia meminta agar PT Kereta Cepat Indo-China selaku pemegang kendali proyek untuk tidak lagi membebankan kepada anggaran negara. Tapi, ditanggung oleh pihak kontraktor yang menyebabkan adanya kesalahan pembangunan.

"Ya saya dengar itu memang human error, jadi harus diminta pertanggung jawaban dari kontraktor pelaksana," kata Deddy kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (9/12).

Legislator dari Fraksi PDI Perjuangan ini menegaskan, biaya robohnya pier tersebut jangan sampai menyentuh uang negara.

"Dan saya minta agar yang seperti ini tidak dibebankan kepada biaya proyek (yang kini ditanggung APBN), sebab saat ini pembengkakan biaya proyek ini sudah sangat besar," katanya.

"Makanya saya bilang jangan sampai kerugian akibat insiden ini dibebankan ke dalam biaya proyek. Tetapi kepada pihak yang bertanggung jawab," tutup Deddy.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA