Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menkominfo Dorong Perguruan Tinggi Berkontribusi Mengisi 10 Tren Lapangan Kerja Baru di Industri Digital

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 09 Desember 2021, 17:17 WIB
Menkominfo Dorong Perguruan Tinggi Berkontribusi Mengisi 10 Tren Lapangan Kerja Baru di Industri Digital
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate/Net
Ada 10 Tren Lapangan Kerja Baru, Menkominfo Dorong STMM Kembangkan Kolaborasi Global
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

RMOL. Perkembangan industri digital menjadi salah tonggak perekonomian yang terus digenjot pemerintah, salah satunya melalui pengembangan Sumber Daya Manusias (SDM).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate menerangkan, pihaknya ikut mendorong pengembangan SDM melalui pendidikan vokasi, untuk supaya industri digital Indonesia semakin luas pasarnya.

Salah satu institusi pendidikan yang didorong Johnny untuk menciptakan SDM berkualitas untuk industri digital adalah Sekolah Tinggi Multi Media (MMTC) Yogyakarta. Dia berharap institusi ini dapat memanfaatkan peluang pekerjaan di sektor industri teknologi digital.

"STMM saya harapkan mampu merespons dengan tangkas proyeksi (pekerjaan baru), dengan penyiapan sumberdaya yang padu dengan kebutuhan sumberdaya manusia nasional di era digital ini," ujar Johnny dalam orasi ilmiah Wisuda STMM 2021 secara virtual, dari Jakarta, Rabu (8/12).

Mengutip Laporan The Future of Job yang dirilis World Economic Forum Tahun 2021, Menteri Johnny menyatakan perkembangan inovasi dari utilisasi teknologi digital memunculkan tren 10 jenis pekerjaan baru dengan permintaan makin meningkat di Indonesia.

"10 jenis pekerjaan itu antara lain: data analyst and scientist, big data specialist, artificial intelligence dan machine learning specialist, digital marketing and strategy specialist, renewable energy engineer, process automation specialist, internet of things specialist, digital transformation specialist, business services and administration manager, serta business development professional," paparnya.


Menghadapi era revolusi industri 4.0, Johnny mendorong terciptanya talenta digital yang memiliki kualitas internasional. Oleh karena itu, dia mendorong kolaborasi bertaraf internasional agar ekosistem di Indonesia mampu memasuki revolusi industri dengan lebih cepat dan terarah.

"Untuk itu, saya berpesan agar STMM mampu memulai kerjasama dan sinergi dengan berbagai perguruan tinggi kelas dunia, agar STMM dapat menjadi perguruan tinggi yang makin terdepan,” ujarnya.

Menkominfo menekankan agar STMM dapat mengembangkan kolaborasi dengan perguruan tinggi nasional dan global terkemuka. Perjalanan menuju kesiapan tersebut hendaknya dilakukan secara kolaboratif, baik dengan perguruan tinggi nasional maupun dengan perguruan tinggi di tingkat internasional, perguruan tinggi terkemuka lain di tingkat global.

Mantan legislator dari Partai NasDem ini juga memberikan dukungan kepada STMM Yogyakarta agar mampu dan terus meningkatkan pengembangan SDM digital nasional yang adaptif, tangkas, dan dapat diandalkan.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA