Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Andre Rosiade: Yang Tidak Paham Situasi Rapat, Jangan Banyak Komentari Krakatau Steel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 09 Desember 2021, 19:40 WIB
Andre Rosiade: Yang Tidak Paham Situasi Rapat, Jangan Banyak Komentari Krakatau Steel
Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade/Net
rmol news logo Pernyataan Menteri BUMN Erick Thohir menyebut bahwa Krakatau Steel terancam bangkrut di Desember 2021 bila program restrukturisasi yang dijalankan tidak tuntas, jangan sampai disalahartikan.

Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade mengatakan, konteks pernyataan Erick Thohir terkait dengan terancam bangkrutnya Krakatau Steel adalah soal langkah dan upaya yang dilakukan oleh Kementerian terkait dengan IPO dan Right Issue di BUMN.

"Dalam rapat tersebut, Pak ET menyampaikan langkah-langkah yang sudah dilakukan dalam penyelamatan Karakatau Steel yang harus dijalankan sebagai satu kesatuan strategi. Kami di Komisi VI mengapresiasi langkah-langkah ini karena kondisi perusahaan BUMN membaik," ujar Andre Rosiade kepada wartawan, Kamis (9/12).

Dikatakan Andre, Erick Thohir sudah melakukan sejumlah upaya dalam menyelamatkan Krakatau Steel.

Pertama, restrukturisasi utang yang telah dilakukan pada akhir 2019 hingga Januari 2020 sehingga mampu menurunkan jumlah utang yang dimiliki oleh Krakatau Steel.

Berikutnya, negosiasi untuk meningkatkan saham di Krakatau Posco. Sehingga, kata dia, di masa depan akan menimbulkan keuntungan bagi Krakatau Steel.

"Ketiga, mengundang SWF Indonesia yakni INA (Indonesia Investment Authority) untuk berinvestasi di Krakatau Steel sehingga nantinya profit yang didapat oleh Krakatau Steel tidak lari ke luar negeri," terangnya.

Selain itu, lanjut legislator Partai Gerindra ini, dilakukan juga beberapa upaya untuk mengundang investor masuk di proyek blast furnace yang diinisiasi sejak 2008 sehingga proyek ini nantinya tidak lagi mangkrak.  

“Langkah lainnya, dalam waktu dekat kejaksaan akan masuk ke Krakatau Steel untuk mendalami apakah investasi blast furnace terdapat unsur pidana atau tidak. Sehingga isu-isu miring soal korupsi di Krakatau Steel dapat terjawab tuntas," jelasnya.

Andre pun menegaskan, kepada siapapun yang tidak paham kondisi Krakatau Steel dan suasana rapat bersama Erick Thohir, untuk tidak banyak berkomentar dan membuat kegaduhan.

"Kami berharap mereka yang tidak paham akan situasi yang ada, tidak perlu mengomentari seakan-akan merasa paling tahu suasana rapat antara Komisi VI dengan Kementerian BUMN," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA