Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Pembangunan Stadion JIS Sudah 87 Persen, Warganet: Nggak Banyak Bicara, Janji Terbukti Nyata

LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 10 Desember 2021, 10:58 WIB
Pembangunan Stadion JIS Sudah 87 Persen, Warganet: Nggak Banyak Bicara, Janji Terbukti Nyata
Stadion JIS/Net
Rasa bangga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membangun Jakarta International Stadium (JIS) mendapat sambutan baik dari warganet. Terutama ketika Anies mengunggah video berdurasi 1.46 menit yang mengurai bahwa stadion sudah 87,85 persen terealisasi.

"Alhamdulillah, seluruh atap metal sheet JIS sudah tertutup semua pada minggu ke-118, realisasi pekerjaan telah mencapai 87,85%," ujar Anies lewat akun media sosialnya sebagai mana diberitakan Kantor Berita RMOL Jakarta.

Unggahan Anies tersebut langsung dibanjiri komentar ribuan warganet.

"Barakallah..... sebuah achievment untuk pak Anies dan khususnya warga DKI mempersembahkan JIS, kemarin saya lewatin dr jalan Tol, masya Allah.... serasa kaya di Luar Negri loh.... aah gak sabaar nonton Persija di sanaa," kata Dina Susanti.

"Gak banyak retorika, tiba2 jadi stadionnya. Gak banyak bicara, janjinya terbukti nyata.Gubernur terbaik, pak Anies Baswedan. Cucu pejuang tanah air, pecinta ilahi. Saya turut bangga pak," tulis Zakaria Haris ikut menimpali.

Merindingg pakk...makasih ya pak udh terealisasi bikin stadion buat jakarta..memang ini sudah jadi wacana gubernur2 sebelumnya..tpi sayang mereka hanya meninggalkan janji dan gak tepatin pak...," sambung Zati Aviv Pattimura.

Stadion JIS dibangun di atas lahan seluas 221.000 meter persegi dan ditargetkan rampung pada akhir 2021 mendatang.

Stadion ini dirancang dengan kapasitas 82.000 penonton, dilengkapi atap yang bisa dibuka-tutup secara otomatis.

Mekanisme buka-tutup atap otomatis ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Tak hanya itu, terdapat juga sky viewing deck di ketinggian 70 meter.

Beberapa stadion kenamaan dunia juga menerapkan kemampuan serupa, salah satunya Mercedes Benz Stadium di Atlanta, Amerika Serikat.

JIS menjadi stadion pertama di Indonesia yang menggunakan rumput hybrid turf untuk lapangannya. Rumput hybrid turf merupakan percampuran antara rumput alami dan sintetis.

Stadion modern ini dirancang sedemikian rupa sehingga membuat jarak tribun dan lapangan lebih dekat dengan tiga tingkatan yakni lower tribun, middle tribun dan upper tribun.

JIS juga memiliki beberapa fasilitas tertentu seperti dua fasilitas lapangan latihan, restoran, ruang VIP, serta ruang ganti mewah.

Demikian halnya dengan fasilitas lainnya, seperti lahan parkir yang bisa menampung 800 mobil di parkir VIP dan VVIP yang diperuntukan bagi para pemain sepakbola dan 100 bus di lahan parkir.

Di sekitar stadion kelak akan dibangun sejumlah fasilitas umum dan sosial yang mengutamakan seni, budaya, dan lingkungan.

ARTIKEL LAINNYA