Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DPR Dorong Antam Segera Rampungkan Proyek Strategis Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 13 Desember 2021, 08:26 WIB
DPR Dorong Antam Segera Rampungkan Proyek Strategis Nasional
Wakil Ketua Komisi VI DPR, Martin Manurung/Net
rmol news logo Keterlibatan PT Aneka Tambang (Antam) dalam menyelesaikan proyek-proyek strategis nasional diharapkan benar-benar mempercepat realisasi pertumbuhan pembangunan negeri ini.

Saat ini, Antam memiliki beberapa proyek strategis nasional, di antaranya hilirisasi nikel melalui proyek pembangunan smelter feronikel di Halmahera Timur berkapasitas 13.500 ton nikel per tahun.

Belum lagi bersama PT Pertamina dan PT PLN membentuk holding Indonesia Battery untuk mengembangkan fasilitas produksi dan pengolahan baterai kendaraan listrik yang terintegrasi dari hulu ke hilir.

"Antam harus menyelesaikan proyek-proyek strategis nasional yang masih memiliki beberapa kendala. Kami siap mendukung Antam supaya progres dari proyek-proyek strategis nasional bisa lebih baik ke depan," kata Wakil Ketua Komisi VI DPR, Martin Manurung dalam keterangan tertulisnya, Senin (13/12).

Bagi Martin, dukungan dari semua pihak penting mengingat progres proyek-proyek strategis nasional BUMN secara umum masih lambat. Ke depan kinerja BUMN perlu disertai dengan indikator kinerja kualitas (Quality Performance Indicators/QPI) terkait return on invested capital.

"Jadi bukan hanya sekarang profitnya bisa dilaporkan tinggi, tapi sebenarnya masih kurang agresif melakukan investasi. Padahal proyek tersebut sudah membutuhkan progres lebih cepat, apalagi kalau ada proyek strategis nasional," lanjut politisi Nasdem ini.

Komisi VI DPR, kata dia, ingin melihat BUMN tidak sekadar mempertahankan besarnya keuntungan, melainkan pengoptimalam keuntungan itu sendiri.

"Agar keuntungan lebih optimum, misalnya dengan menjadikan sebagian dari keuntungan itu sebagai invested capital," lanjutnya.

Di sisi lain, Wakil Ketua Komisi VI DPR, Muhammad Haikal berharap perusahaan Antam dapat menambah izin usaha pertambangan yang dianggap masih minim.

"Baik itu melalui eksplorasi yang lebih masif atau pun dengan penambahan IUP," demikian Muhammad Haikal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA