Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kartu Prakerja Lanjut Tahun 2022, Menko Airlangga: Sejak April Hingga Desember Ini Sudah 11,4 Juta Penerima

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 15 Desember 2021, 17:55 WIB
Kartu Prakerja Lanjut Tahun 2022, Menko Airlangga: Sejak April Hingga Desember Ini Sudah 11,4 Juta Penerima
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam jumpa pers virtual penutupan Kartu Prakerja tahun 2021/Repro
Program Kartu Prakerja yang dimulai sejak April 2020 berhasil memberikan manfaat kepada lebih dari 10 juta masyarakat pekerja di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menerangkan, program Kartu Prakerja menjadi andalan pemerintah untuk pemulihan ekonomi.

"Sejak awal penyelenggaraan, program Kartu Prakerja di desain menjadi layanan publik untuk memberikan dampak seluas-luasnya," ujar Airlangga dalam jumpa pers virtual dari Kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (15/12).

Airlangga mengapresiasi Komite Pelaksanaan Kartu Prakerja yang telah bekerja dengan berbagai capaian program selama periode dua tahun pelaksanaan, karena dalam pelaksanaan, tata kelola, serta efektivitas program tak lepas dari tantangan.

"Seluruh provinsi 514 kabupaten/kota telah dijangkau program ini mulai 2020 hingga 2021, penerima manfaat sudah 11,4 juta orang, sudah 11 gelombang di tahun ini," paparnya.

Selama pelaksanaanya, Airlangga memaparkan bahwa untuk membangun ekosistem Kartu Prakerja, pemerintah ditunjang secara sinegitas dengan 181 lembaga pelatihan, 7 platform digital, 3 job platform, 8 institusi pendidikan, dan 5 mitra pembayaran.

"Ekosistem ini untuk membuat hubungan yang kuat antara supply and demand, seperti penyedian pelatihan berkualitas, info lowongan kerja, sehingga ini menjadi kekuatan tersendiri bagi program prakerja," tuturnya.

Airlangga memastikan, kualitas pelatihan rata-rata memiliki rating 4,9, karena setiap latihan harus melewati assement oleh 8 institusi pendidikan. Sehingga hingga akhir tahun ini baru ada 663 pelatihan yang berlaku di ekosistem.

"Pukul 23.59 WIB pendaftarana peserta baru akan ditutup sementara. Saya menyampaikan sampai jumpa di program Kartu Prakerja tahun 2022," demikian Airlangga.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA