Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ahmad Muzani: Kreatifitas dan Inovasi Kunci Eksistensi UMKM di Masa Pandemi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 15 Desember 2021, 22:37 WIB
Ahmad Muzani: Kreatifitas dan Inovasi Kunci Eksistensi UMKM di Masa Pandemi
Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani/Repro
rmol news logo Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam membangkitkan ekonomi. Untuk itu, pelaku UMKM perlu untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi.

Bahkan dikatakan Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani, kini UMKM telah menjadi segmen penting dalam demokrasi. Hampir di setiap kontestasi pemilu, calon pemimpin baik di level legislatif maupun eksekutif selalu menempatkan sektor UMKM sebagai isu penting dalam setiap kampanyenya.

"UMKM telah menjadi sebuah isu politik. Kenapa? Karena UMKM telah menjadi faktor menentukan kemenangan bagi seorang calon pemimpin," kata Muzani saat menghadiri acara seminar bertema "UMKM Maju Indonesia Bangkit" yang digelar di Lampung, Rabu (15/12).

Dikatakan Muzani, di masa pandemi Covid-19 yang berkepanjangan ini justru melahirkan banyak pelaku UMKM baru. Sehingga, persaingan yang ketat itu harus disertai dengan perkembangan ide dan inovasi baru juga.

"UMKM jumlahnya banyak, pelaku UMKM berserakan, modalnya untuk bergelut di dunia usaha menengah tidak besar-besar amat. Itulah kenapa kemudian bagi seluruh pelaku UMKM penting untuk menjaga krearivitas dan inovasi," terangnya

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra ini juga mengakui, memang tidak sediki UMKM yang lesu bahkan sampai tutup akibat pandemi. Tetapi, angka tersebut masih diimbangi dengan UMKM yang selamat karena kreatifitas utamanya dalam memanfaatkan teknologi dalam perkembangan media sosial.

"Media sosial itulah penyelamat UMKM hari ini. Dalam situasi tidak menentukan sekarang ini ditentukan oleh siapa yang paling kreatif. Yang kreatif itulah yang eksis dan bertahan dari krisis yang disebabkan pandemi," katanya.

"Apa artinya? Kreativitas dan inovasi adalah kunci eksistensi sebuah UMKM," imbuhnya.

Muzani mencontoh Provinsi Lampung yang telah menjadi provinsi yang identik dengan keripik pisang. Fakta ini telah menjadi pembeda antara produk keripik pisang dari Lampung dengan produk pisang daerah lainnya.

Namun, dari fakta ini pula pelaku UMKM keripik pisang di Lampung harus berani melakukan inovasi agar produk keripik pisangnya terus laku di pasaran.

"Provinsi Lampung adalah salah satu provinsi yang terbaik UMKM-nya. Salah satu produk unggulannya adalah keripik pisang. Tapi saya lihat masih belum ada inovasi dan kreativitas menonjol dari sini, packaging (kripik pisang) misalnya masih begitu-begitu saja," jelas Muzani.

"Kenapa saya bicara ini, supaya teman-teman pelaku UMKM yang hadir di sini menyadari dan berani melakukan terobosan dari produk-produk UMKM-nya. Sehingga produk tersebut mendapatkan permintaan besar di pasar," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA