Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Sambangi Lumajang, Wapres Pastikan Realokasi Rumah Korban Semeru Segera Dilaksanakan

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 16 Desember 2021, 15:17 WIB
Sambangi Lumajang, Wapres Pastikan Realokasi Rumah Korban Semeru Segera Dilaksanakan
Wakil Presiden Maruf Amin saat mengunjungi posko pengungsian korban erupsi Gunung Semeru di Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (16/12)/Repro
Penanganan bencana erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12) masih terus dikerjakan pemerintah Kabupaten Lumajang dan Provinsi Jawa Timur.

Hal tersebut ditinjau langsung oleh Wakil Presiden Maruf Amin, degan melakukaan kunjungan kerja ke posko pengungsian korban erupsi Gunung Semeru di Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Kamis (16/12).

Maruf mengatakan, bencana awan panas guguran (APG) Semeru membuat ribuan warga Lumajang harus tinggal di posko-posko pengungsian, karena tempat tinggal hancur diterjang awan panas dan abu vulkanik.

Mantan Rais Aam PBNU ini mendapat lapaoran dari BNPB bahwa sejauh ini jumlah lokasi pengungsian korban erupsi Gunung Semeru mencapai 151 titik, dengan total pengungsi yang mencapai 10.565 jiwa

"Alhamdulillah, semua sudah disiapkan. Insya Allah tempat tinggalnya sudah akan dibangun, jalan-jalannya sudah akan dibuat, jembatannya juga sudah akan dibuat. (Bapak/Ibu) jangan lagi merasa sedih, merasa susah," ujar Maruf di lokasi pengungsian.

Adapun terkait lokasi pembangunan hunian bagi para pengungsi ini, Maruf menuturkan bahwa akan dicarikan yang paling aman dan diupayakan masih dekat dengan lokasi tempat tinggal yang lama.

"Lahannya sudah siap dan rencana pembangunannya juga sudah siap. Dan tempatnya itu dicari yang teraman, yang aman dari bahaya, tetapi juga masih dekat dengan hunian yang lama," katanya.

Lebih lanjut, Maruf yang juga pernah menjabat sebagia Ketua MUI ini meminta agar semua pihak terkait terus bekerja, untuk mewujudkan hunian sementara dan hunian tetap bagi warga terdampak erupsi Semeru, sekaligus penyediaan akses ekonominya.

"Saya minta semua terus bekerja sampai semuanya tercapai, baik hunian sementara maupun hunian tetap, dan juga penyiapan-penyiapan basis keekonomian masyarakat di daerah pemukiman baru,” pungkasnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA