Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mulai Minggu, CFD Kertajaya Kembali Dibuka dengan Prokes Ketat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 17 Desember 2021, 09:30 WIB
Mulai Minggu, CFD Kertajaya Kembali Dibuka dengan Prokes Ketat
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya, Suharto Wardoyo/RMOLJatim
rmol news logo Hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD) akan kembali diberlakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mulai Minggu (19/12) pukul 06.00 hingga 09.00 WIB.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pembukaan CFD Jalan Kertajaya nantinya akan dibuka dengan protokol kesehatan (Prokes) ketat.

Penerapan itu disesuaikan dengan Peraturan Walikota (Perwali) Surabaya 67/2020 tentang Penerapan Prokes dalam Rangka Pencegahan dan Memutus Mata Rantai penyebaran Covid-19 di Surabaya.

"Ada pembatasan, maksimal 300 orang. Di setiap titik pintu masuk dan keluar akan dipasang scan QR Code PeduliLindungi," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya, Suharto Wardoyo diberitakan Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (17/12).

Perwali tersebut bukan hanya berlaku bagi pengunjung, tetapi juga untuk para pedagang kaki lima (PKL).

Selama CFD berlangsung, PKL dilarang berjualan di area Jalan Kertajaya. Ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan di area tersebut.

Untuk mendukung hal itu, Suharto menyebut Pemkot Surabaya akan melakukan penutupan Jalan Kertajaya saat pelaksanaan CFD.

Di antaranya, mulai dari perempatan Jalan Kertajaya - Jalan Dharmawangsa hingga ke arah timur menuju ke perempatan Jalan Kertajaya - Jalan Menur.

"Karena CFD khusus untuk masyarakat yang akan berolahraga. Sedangkan pedagang dilarang masuk, tidak boleh untuk berjualan, khusus olahraga," tegasnya.

Kepala Dinas yang akrab disapa Anang itu menuturkan, setiap pengunjung yang datang ke area CFD diwajibkan sudah mengikuti vaksinasi dosis lengkap.

"Pasti, sebelum masuk area CFD akan dicek suhu tubuhnya dan diminta untuk cuci tangan. Di titik-titik strategis akan kami sediakan juga wastafel dan hand sanitizer," sebutnya.

Di samping itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya juga akan mendirikan posko kesehatan di lokasi selama CFD berlangsung. Upaya ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang berolahraga di CFD Jalan Kertajaya.

Tak lupa, Anang juga mengingatkan kepada masyarakat yang akan berkunjung ke CFD, agar tetap disiplin mematuhi dan menerapkan prokes ketat.

Meskipun sedang berolahraga, petugas akan mewajibkan untuk memakai masker atau face shield.

"Selain itu kami harap masyarakat menghindari kerumunan. Jangan sampai nanti ketika berolahraga masyarakat melepas masker kemudian berkerumun," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA