Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Poros PKB-PAN-PPP Bisa Menjelma sebagai Kekuatan Baru di Pilpres 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 17 Desember 2021, 12:50 WIB
Poros PKB-PAN-PPP Bisa Menjelma sebagai Kekuatan Baru di Pilpres 2024
Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Viva Yoga Mauladi/RMOL
rmol news logo Jika benar terbentuk, poros Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) serta Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan menjadi kekuatan signifikan pada Pilpres 2024.

Begitu dikatakan Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi merespons ajakan PKB untuk membentuk satu poros baru bersama PPP.

"Jika PAN dan PKB bersatu, tentu akan menjelma menjadi kekuatan politik signifikan karena PAN memiliki 44 kursi DPR dan PKB 58 kursi DPR," ujar Viva Yoga kepada wartawan, Jumat (17/12).

Poros tersebut akan makin kuat jika ada tambahan kekuatan dari satu parpol lain, salah satunya PPP untuk bisa melebihi persyaratan presidential threshold 20 persen sebagaimana diatur di Pasal 222 UU 7/2017.

Jika dijumlah dengan PPP yang memiliki 19 kursi di DPR RI, maka poros PKB, PAN, dan PPP dapat mengusung calon presiden dan calon wakil presiden.

Hal ini berdasarkan perhitungan 20 persen kursi DPR yang berjumlah 575 kursi, maka minimal partai politik harus punya 115 kursi. Poros PKB, PAN dan PPP jika terbentuk akan berjumlah 121 kursi di DPR RI.

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan, PKB cukup mengusung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Pilpres 2024 dengan membangun poros bersama PPP dan PAN.

"Kalau terkait dengan poros, PKB mau memimpin poros sendiri. Enggak tahu dengan cara apa, tapi saya sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu, saya berkeinginan untuk PKB memimpin poros," kata Jazilul.

"Mestinya PPP juga ikut karena sama-sama hijau. Tinggal nambah satu lagi, berangkat itu sudah, misalnya PAN itu sudah cukup, berangkat kita. Bismillah," sambungnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA