Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PAN Berharap Dapat Segera Silaturahmi dengan PKB Bahas Poros Pilpres 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 17 Desember 2021, 17:05 WIB
PAN Berharap Dapat Segera Silaturahmi dengan PKB Bahas Poros Pilpres 2024
Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi/Net
rmol news logo Partai Amanat Nasional (PAN) berharap dapat segera menjalin komunikasi untuk membahas ajakan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membangun poros pada Pemilu Serentak 2024.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Dalam waktu dekat, PAN berharap dapat melakukan komunikasi dan silaturahmi dengan PKB," ujar Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Jumat (17/12).

Dikatakan Viva, pertemuan antar partai politik untuk satu ajakan yang baik tentu perlu dilakukan untuk merumuskan langkah politik ke depan.

"Pertemuan untuk sambung rasa, sambung cita-cita, agar dapat merumuskan langkah-langkah strategis secara bersama-sama untuk membangun kolektivitas perjuangan," terangnya.

Kata Viva, PAN menyambut baik ajakan PKB untuk membangun poros baru. Di mana ajakan serupa turut disampaikan kepada Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Jika terealisasi tentu akan menjadi kekuatan politik baru, sambung Viva, utamanya pada peta Pilpres 2024.

"Jika PAN dan PKB bersatu, tentu akan menjelma menjadi kekuatan politik signifikan karena PAN memiliki 44 kursi DPR dan PKB 58 kursi DPR," terangnya.

"Jika ditambah dengan satu partai politik lagi, misalnya PPP, tentu telah melebih persyaratan presidential threshold 20 persen, sebagaimana diatur di Pasal 222 UU 7/2017," sambungnya.

Pasalnya, jika dijumlah dengan PPP yang memiliki 19 kursi di DPR RI, maka poros PKB, PAN dan PPP dapat mengusung calon presiden dan calon wakil presiden.

Hal ini berdasarkan perhitungan 20 persen kursi DPR yang berjumlah 575 kursi, maka minimal partai politik harus punya 115 kursi. Poros PKB, PAN dan PPP jika terbentuk akan berjumlah 121 kursi di DPR RI. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA