Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Survei Membuktikan Tingkat Keterpilihan Puan Maharani Masih Jauh di Bawah Susi Pudjiastuti

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 19 Desember 2021, 12:52 WIB
Survei Membuktikan Tingkat Keterpilihan Puan Maharani Masih Jauh di Bawah Susi Pudjiastuti
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti/Net
Jabatan Ketua DPR RI yang disandang Puan Maharani ternyata belum mampu mengerek tingkat keterpilihan atau elektabilitasnya sebagai kandidat Pilpres 2024 mendatang.

Bahkan dalam klaster tokoh perempuan, elektabilitas Ketua DPP PDI Perjuangan itu juga tampak tidak bisa berkutik. Nama Puan Maharani berada di bawah 4 tokoh lainnya

Hal ini sebagai mana tergambar dalam survei yang dilakukan oleh lembaga survei Kedai Kopi bertajuk "Survei Opini Publik Menuju 2024" yang dirilis Minggu (19/12).

Adapun keempat tokoh yang berada di atas Puan Maharani adalah mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Di antara tokoh perempuan berikut ini, siapa yang anda pilih sebagai calon presiden?" bunyi pertanyaan dari tim survei kepada responden.

Hasilnya, Susi Pudjiastuti berada di urutan teratas dengan elektabilitas 29,1 persen. Posisi kedua diduduki Risma dengan 16,8 persen.

Selanjutnya di urutan ketiga yaitu, Khofifah dengan angka 16,3 persen dan keempat ada Sri Mulyani dengan angka 12,2 persen.

Puan Maharani harus puas di posisi kelima dengan elektabilitas di bawah 10 persen, yakni 7,1 persen.

Sementara, sebanyak 0,9 persen memilih tokoh perempuan lainnya seperti Najwa Shihab, Yenny Wahid dan lainnya. Dan sebanyak 17,6 persen menjawab tidak tahu.

Pengambilan sampel survei ini dilakukan pada 16 sampai dengan 24 November 2021 dengan melibatkan 1.200 responden secara nasional.

Survei ini dilakukan dengan metode survei home visit atau face to face interview yang memiliki error sampling kurang lebih sebesar 2,83 persen dengan interval kepercayaan sebesar 95 persen.

ARTIKEL LAINNYA