Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Luhut Minta GAMKI Berperan jadi Penggerak Ekonomi Selama Pandemi Covid-19

LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Senin, 20 Desember 2021, 15:14 WIB
Luhut Minta GAMKI Berperan jadi Penggerak Ekonomi Selama Pandemi Covid-19
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat hadiri acara konsolidasi nasional GAMKI se Indonesia/Repro
Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) diminta mengambil bagian menjadi agen penggerak ekonomi selama masa dan pasca-pandemi Covid-19.

Permintaan itu disampaikan Menko Kemariritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan saat menghadiri Konsolidasi Nasional dan Refleksi Akhir Tahun 2021.

Luhut berharap, GAMKI ikut mengambil bagian dalam memajukan bangsa Indonesia ke depan.

"Saya berharap GAMKI menjadi agent of change atau sebagai teladan, inovator, pelopor, motivator, dan dinamisator bagi sesama anak bangsa hingga pada gilirannya mampu menjadi pengungkit bagi kemajuan negara Indonesia yang bermartabat," kata Menko Luhut Pandjaitan dalam keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Senin (20/12).

Dalam kesempatan itu, Luhut juga menyampaikan keberhasilan Indonesia dalam mengendalikan penyebaran Covid-19.

Selain itu, Luhut menuturkan, dalam penerapan PPKM berlevel, pemerintah selalu memonitor dengan menggunakan bukti data empiris beberapa metode pemodelan analisis statistik.

Menurutnya, pemodelan ini menjadi salah satu bagian penting dari proses analisis data yang akurat.

Lebih lanjut, dia mengaku kerap melibatkan kementerian/lembaga lainnya jika dirinya mendapatkan tugas dari Presiden Joko Widodo.

Ia juga menyampaikan bahwa tugas yang dia kerjakan dengan melibatkan berbagai kementerian dan lembaga justru disalahpahami. Contohnya, ia kerap dituding sebagai menteri segala urusan.

"Itu mungkin sebabnya orang mengatakan 'Luhut itu menteri segala urusan'. Sebenarnya tidak. Itu adalah orang yang tidak paham, orang yang tidak mengerti manajemen bagaimana mengatasi masalah," kata Menko Luhut.

Terkait perekonomian, Luhut menyebut bahwa saat ini ekonomi di Indonesia relatif baik. Sebab, pemerintah dapat menyeimbangkan antara penanganan Covid-19 dengan ekonomi.

"Semua elemen bangsa bergerak dalam penanganan pandemi Covid-19, sentra vaksinasi semua berjalan. Saya minta GAMKI juga," ucapnya.

Sebagai seorang Kristen, tuturnya, kader GAMKI harus mempunyai karakter kuat dan tidak mudah terpengaruh dengan pembicaraan-pembicaraan yang tidak jelas dan tanpa data.

"Terakhir, saya harapkan Anda semua dari GAMKI senantiasa menjadi pewarta kasih dan pelaku kasih, serta menjadi lilin yang bersinar dan juga menjadi garam yang memberikan makna untuk secara bergandeng tangan bersama dengan semua komponen bangsa lainnya membangun Indonesia yang kita cintai ini," pungkas Luhut Pandjaitan.

Ketua Umum DPP GAMKI Willem Wandik menyampaikan terimakasih atas kesediaan Menko Luhut Pandjaitan untuk memberikan arahan dalam kegiatan GAMKI.

Willem mengaku bahagia karena Luhut berkenan untuk bertemu dengan Ketua DPD, DPC, senior dan simpatisan GAMKI se-Indoensia.

"Kami memberi penghargaan yang tulus atas waktu dan komitmen Bapak Menteri yang luar biasa terhadap pergerakan kepemudaan di bangsa ini," kata Willem yang juga merupakan anggota Komisi V DPR RI ini.

ARTIKEL LAINNYA