Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anggota Komisi VI DPR Ini Minta BUMN-BUMN Tingkatkan Dana CSR untuk UMKM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 21 Desember 2021, 01:41 WIB
Anggota Komisi VI DPR Ini Minta BUMN-BUMN Tingkatkan Dana CSR untuk UMKM
Anggota Komisi VI DPR RI, Darmadi Durianto dalam dalam diskusi bertajuk 'Peran Penting CSR BUMN Di Masyarakat' di Jakarta Pusat, Senin (20/12)/Repro
rmol news logo Kontribusi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terhadap masyarakat, diharapkan Anggota Komisi VI DPR RI, Darmadi Durianto, bisa lebih ditingkatkan.

Darmadi meminta agar perusahaan-perusahaan pelat merah meningkatkan alokasi dana Corporate Social Responsibilitinya (CSR) khususnya untuk para pelaku UMKM.

Menurutnya, hal itu penting dilakukan mengingat para pelaku UMKM sebagai garda terdepan dalam roda perekonomian bangsa dan negara.

"Sudah seharusnya CSR ke UMKM di tingkatkan. Ini penting dilakukan guna menopang roda perekonomian terus bergeliat," ujar Darmadi dalam diskusi bertajuk 'Peran Penting CSR BUMN Di Masyarakat' di Jakarta Pusat, Senin (20/12).

Kehadiran UMKM, dijelaskan Darmadi, selama ini sangat membantu laju pertumbuhuan ekonomi nasional meski di tengah hantaman krisis sekalipun. Hal itu menurutnya terbukti dalam sejarah Indonesia, yaitu saat krisis moneter tahun 1997.

Namun demikian, Bendahara Megawati Institute itu berpendapat bahwa tak dapat dipungkiri juga masih ada BUMN-BUMN yang belum begitu memberikan perhatian serius terhadap keberadaan UMKM-UMKM.

"Padahal itu sudah tugas mereka sebagaimana aturan mengharuskan agar alokasi dana untuk publik disalurkan untuk kegiatan yang relevan dan hal itu kan sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan melalui struktur CSR-nya," tegas Politikus PDIP itu.

Darmadi berharap agar BUMN-BUMN memfokuskan alokasi dana CSRnya untuk kegiatan ekonomi masyarakat melalui UMKM.


"Pak Erick Thohir beberapa waktu lalu juga kan sangat concern soal dana CSR. Dimana beliau menekankan agar dana CSR diberikan ke UMKM agar ekonomi tumbuh," tandasnya.

Deputi bidang Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata mengatakan, mulai tahun 2022 Kementerian BUMN akan memfokuskan sasaran CSR perusahaan BUMN kepada tiga aspek, yakni pendidikan, lingkungan dan UMKM.

"Ada peran dari menteri Erick dimana program CSR BUMN ini kita akan alirkan tiga hal, Pendidikan, Lingkungan dan UMKM, selama ini CSR yang sudah dilakukan itu alhamdulillah sudah berikan dampak, tapi Menteri Erick Thohir masih belum puas,” kata Tedi dalam diskusi LPDP Week 2021, Senin (25/10). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA