Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Elektabilitas Erick Thohir Moncer, Pengamat: Bukti Kalangan Swasta Bisa Jadi Pemimpin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 21 Desember 2021, 22:01 WIB
Elektabilitas Erick Thohir Moncer, Pengamat: Bukti Kalangan Swasta Bisa Jadi Pemimpin
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir/Net
rmol news logo Elektabilitas Menteri BUMN, Erick Thohir belakangan terus meningkat dalam hasil survei beberapa lembaga.

Menurut Direktur Eksekutif Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Philips J Vermonte, tren positif elektabilitas tersebut tak lepas dari latar belakang Erick sebagai pengusaha.

"Orang-orang yang punya potensi kepemimpinan dengan kooptasi dan visi ekonomi, peran swasta, dan lain-lain itu juga menjadi sumber kepemimpinan nasional," ujar Phillips dalam keterangan tertulisnya, Selasa (21/12).

Selama ini, sumber kepemimpinan nasional paling sering disorot dari kalangan kepala daerah dan pimpinan partai politik. Namun yang tak bisa diabaikan, sumber pemimpin nasional juga bisa berasal dari pengusaha atau swasta.

Pengusaha atau orang yang bergerak di sektor swasta memiliki kontribusi dalam menghadirkan kemajuan Indonesia. Hal itu tak lepas karena mereka kerap bersinggungan dengan kebijakan publik.

"Ini menjadi menarik dalam konteks Indonesia. Sekarang kalau membicarakan kepemimpinan nasional bukan hanya partai politik, tetapi ada orang-orang perwakilan sektor privat yang kontribusinya juga diperlukan bagi Indonesia," ujar Philips.

Mengutip hasil survei Populi Center, ada lima sosok yang potensial menjadi capres pada Pilpres 2021. Di posisi pertama ada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan 58,3 persen. Menyusul Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan 47,3 persen dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto 46,6 persen.

Di posisi keempat ada Menteri BUMN, Erick Thohir dengan 27,5 persen dan kelima ada Ketua DPR RI, Puan Maharani dengan dukungan sebesar 17,5 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA