Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ungguli Prabowo, Ganjar Jadi Kandidat Capres Paling Banyak Didukung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 21 Desember 2021, 22:27 WIB
Ungguli Prabowo, Ganjar Jadi Kandidat Capres Paling Banyak Didukung
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo/Net
rmol news logo Sosok Ganjar Pranowo sejauh ini masih menjadi kandidat calon presiden dengan dukungan paling tinggi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dikatakan peneliti Populi Center, Nurul Fatin Afifah, dukungan masyarakat kepada Ganjar masih unggul dibanding sejumlah nama lain yang beredar.

"Figur Ganjar Pranowo memang mendapatkan persentase dukungan dari masyarakat yang paling tinggi," kata Nurul Fatin kepada wartawan, Selasa (21/12).

Populi Center baru-baru ini juga merilis hasil surveinya yang dilakukan pada 1 hingga 9 Desember 2021. Hasilnya, potensi dukungan untuk Ganjar dalam simulasi lima nama mencapai 58,3 persen.

Di posisi kedua ditempati Anies Baswedan dengan 47,3 persen, Prabowo Subianto 46,6 persen, Erick Thohir 27,5 persen, dan Puan Maharani 17,5 persen.

Nurul menjelaskan, survei Populi Center tersebut bukan elektabilitas, melainkan potensi dukungan. Sehingga, angka itu masih dapat berkembang.

"Walaupun Ganjar Pranowo itu muncul sebagai figur yang mendapatkan dukungan paling kuat, ini hanya potensi dukungan, bukan elektabilitas. Ini masih bisa berkembang untuk ke depannya," demikian Nurul.

Survei Populi Center dilakukan tanggal 1 hingga 9 Desember 2021 dengan responden tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia dan dipilih secara acak dari populasi pemilih, yakni penduduk berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dari basis data populasi survei Populi Center sejak tahun 2013-2021.

Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode simple random sampling dari kerangka sampling yang dimiliki Populi Center.

Margin of error survei tersebut sebesar ±2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA