Children in the DPR Korea
Children in the DPR Korea
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Aktivis: NTB Kehilangan Dua Jenderal Inspiratif

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 22 Desember 2021, 15:20 WIB
Aktivis: NTB Kehilangan Dua Jenderal Inspiratif
Sinergi Kapolda NTB Irjen M Iqbal dan Danrem 162 Wirabhakti, Brigjen Ahmad Rizal Ramdhani dalam program vaksinasi di Nusa Tenggara Barat (NTB)/Ist
Ada warisan atau legacy yang ditinggalkan Kapolda NTB, Irjen M Iqbal yang telah berpindah tugas sebagai Kapolda Riau.

Bersama dengan Danrem 162 Wirabhakti, Brigjen Ahmad Rizal Ramdhani, Irjen M Iqbal mewariskan semangat kolaborasi antarinstitusi yang baik.

"NTB kehilangan dua jenderal inspiratif. Bang Iqbal dan Bang Rizal meninggalkan legacy yang sangat baik selama bertugas di daerah ini," kata aktivis kepemudaan, Karman BM dalam keterangan tertulisnya, Rabu (22/12).

Bang Karman mengatakan, legacy yang ditinggalkan dua jenderal itu ialah semangat kolaborasi, soliditas, dan team working yang terus dibangun antarinstitusi Polri dan TNI bersama Pemda Provinsi NTB.

Semangat kebersamaan tiga pilar itu dinilai sebagai salah satu kunci keberhasilan NTB melewati peluang dan tantangan pembangunannya.

"Kolaborasi yang baik Bang Iqbal dan Bang Rizal bersama Gubernur NTB Bang Zul ini memunculkan atmosfer kepemimpinan yang berbeda. Akselerasi program dan kebijakan akhirnya juga semakin andal dan terukur di sejumlah sektor," jelasnya.

Ia mencontohkan ketika NTB menghadapi masa pandemi di awal 2020. Tiga pilar membentuk Satgas khusus penanganan Covid-19 untuk menekan laju penularan sekaligus stabilisasi ekonomi daerah.

"Bukti nyata yang sampai saat ini masih terasa adalah Kampung Sehat. Program ini terbukti bisa mengubah perilaku hidup sehat masyarakat NTB," katanya.

Sinergitas apik terus berlanjut hingga pengoptimalan program vaksinasi di daerah ini. Polda NTB, Korem 162/WB, dan Pemprov NTB juga mampu melakukan percepatan dengan tim vaksinator khusus yang dibentuk.

Demikian juga saat NTB harus mempertaruhkan wajah Indonesia sebagai tuan rumah event besar WSBK Mandalika. Menyelesaikan masalah lahan di Mandalika, Kapolda NTB, Danrem dan Gubernur pun turun bersama, mencari jalan yang akhirnya menjadi solusi.

Tidak hanya semangat kolaborasi dan soliditas, Irjen Iqbal dan Brigjen Rizal juga meninggalkan teladan kepemimpinan yang bisa menjadi inpirasi.

"Kalau saya istilahkan, Bang Iqbal dan Bang Rizal ini adalah servant general, jenderal yang melayani. Misalnya saat bencana banjir bandang di Lombok Barat, duo jenderal ini langsung turun," tandasnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA