Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wapres Apresiasi Menaker Inisiasi Pembentukan Forum Koordinasi Nasional BLK Komunitas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 23 Desember 2021, 04:53 WIB
Wapres Apresiasi Menaker Inisiasi Pembentukan Forum Koordinasi Nasional BLK Komunitas
Wakil Presiden Maruf Amin bersama Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah/Repro
rmol news logo Ide menjalankan agenda kemandirian Balai Latihan Komunitas (BLK Komunitas) yang diinisiasi Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, dengan membentuk forum koordinasi nasional, mendapat apresiasi Wakil Presiden Maruf Amin.

Apresiasi itu disampaikan Wapres dalam penutupan Rapat Kerja Nasional II FKN BLK Komunitas, di Hotel Radison, Lampung, Rabu (22/12).

Maruf mengajak agar pemerintah daerah, dunia usaha dan dunia industri, serta komunitas yang ada di masyarakat untuk bersinergi dalam upaya memandirikan BLK Komunitas, sebagai upaya mendekatkan akses peningkatan kompetensi SDM.

"Ini menjadi tugas besar bagi kita semua untuk menyiapkan manajemen yang baik, sarana dan prasarana yang baik, serta menyiapkan SDM kompeten dan hebat dalam memperkuat ekosistem inovasi yang ada," ujar Wapres saat menerima buku Peta Jalan Kemandirian BLK Komunitas dari Ida Fauziyah.

Sementara Ida Fauziyah dalam sambutannya berharap agar buku peta jalan kemandirian dapat segera diimplementasikan dalam bentuk aksi-aksi nyata demi tercapainya lembaga mandiri dan profesional.

FKN BLK Komunitas yang telah terbentuk sejak Juni 2021 tersebut, dia harapkan, bisa menjalankan fungsinya sebagai pendamping, agar keberlanjutan BLK Komunitas menjadi lembaga produktif penghasil tenaga kerja yang kompeten dan berdaya saing bisa mendukung perluasan kesempatan kerja secara berkelanjutan.

Sementara Direktur Lembaga Pelatihan Dirjen Binalavottas Kemnaker, Agung Nurrohmat mengungkapkan, langkah-langkah yang telah ditempuh FKN BLK Komunitas dalam rangka mengakselerasi kemandirian BLK Komunitas.

Di antaranya adalah Menjalin kemitraan strategis dengan berbagai stakeholders, menyusun peta jalan kemandirian BLK Komunitas, menetapkan 25 BLK Komunitas terbaik menjadi inkubator kewirausahaan, menetapkan 44 Forum Koordinasi Wilayah BLK Komunitas di seluruh Indonesia.

Katanya, strategi menuju kemandirian BLK Komunitas adalah dengan Penguatan Kelembagaan Penguatan Sistem Data dan Informasi, pengembangan Kemitraan dan Kolaborasi, Redesain dan Inovasi Pelatihan, Penguatan Kapasitas Instruktur, Sertifikasi Lulusan, Integrasi dengan Program Pemagangan, Mengembangkan Skema Penempatan; Pengembangan Model Kewirausahaan dan Rebranding BLK. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA