Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KH Asad Said Ali Adem Ayem, Petahana dan Katib Aam Saling Klaim Dukungan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 23 Desember 2021, 10:35 WIB
KH Asad Said Ali Adem Ayem, Petahana dan Katib Aam Saling Klaim Dukungan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Hari kedua Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama di Lampung, akan membahas dua agenda yang paling dinanti publik. Yakni pemilihan Rais Aam dan Tanfidziyah atau Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Proses pemilihan Rais Aam bisa dibilang relatif sejuk. Karena dipilih secara musyawarah melalui metode ahlul halli wal aqdi (Ahwa) yang berisi 9 kiai sepuh NU.

Sementara intuk pemilihan Tanfidziyah atau Ketum PBNU, sejak sebelum Muktamar resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo, Rabu kemarin (22/12), sudah langsung terlihat dinamikanya.

Hingga kini, ada tiga nama calon Ketum PBNU. Yakni petahana KH Said Aqil Siroj, Katib Aam PBNU KH Yahya Cholil Staquf, dan mantan Wakil Ketua Umum PBNU KH Asad Said Ali.

Dinamika paling keras terjadi di antara tim Said Aqil dan Yahya Staquf. Kedua tim saling klaim dukungan Muktamirin atau peserta Muktamar.

Sekretaris tim kerja Said Aqil Siroj, Amin Nasution, mengaku sudah mengantongi dukungan dukungan dari 21 PWNU dan 399 PCNU.

"Dari hasil verifikasi tim kerja Kiai Said sejauh ini kami sudah mengantongi (dukungan) 21 PWNU dan 399 PCNU dan belum termasuk puluhan PCNU pendukung kita yang SK-proses Arbitrase Panitia Muktamar," ujar Amin Nasution kepada wartawan, Kamis (23/12).

Sementara, kubu Gus Yahya, melalui Ketua PBNU Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul mengklaim telah mendapatkan dukungan 469 suara pemilih.

Khusus calon ketiga, KH Asad Said Ali, memang belum terlihat banyak bersuara. Sehingga, belum diketahui pasti dukungan yang sudah didapat dari Muktamirin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA