Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

MUKTAMAR NU

Akan Pilih Rais Aam PBNU, Siapa Saja Calon AHWA?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 23 Desember 2021, 18:02 WIB
Akan Pilih Rais Aam PBNU, Siapa Saja Calon AHWA?
Daftar Kiai yang akan menjadi calon AHWA di Muktamar ke 34 NU/RMOL
rmol news logo Selain memilih Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Muktamar ke-34 NU juga akan menunjuk pimpinan tertinggi atau Rais Aam.

Pemilihan Rais Aam akan dilakukan sebelum pemilihan Ketum PBNU yang dijadwalkan pada satu hari yang sama, yaitu pada hari ini, tepat Kamis malam (23/12).

Rais Aam sendiri akan dipilih oleh sembilan kiai NU yang dinamakan sebagai Ahlu Halli Wal Aqdi (AHWA) yang dipilih oleh Muktamirin yang terdiri dari Pengurus Wilayah NU (PWNU), Pengurus Cabang NU (PCNU), dan Pengurus Cabang Istimewa NU (PCINU).

Nantinya, para Muktamirin akan kiai-kiai yang dinilai bijaksana. Kemudian sembilan nama kiai yang paling banyak dipilih akan berembuk untuk menentukan Rais Aam.

Meski pemilihan Rais Aam tidak mendapatkan perhatian sebanyak pemilihan Ketum PBNU, namun dalam sejarahnya, proses pemilihan Rais Aam kerap dilakukan cukup alot.

Selain itu, umumnya, Rais Aam juga dipilih di antara para kiai yang tergabung dalam AHWA. Meski Konstitusi NU mengizinkan Rais Aam terpilih dari luar AHWA.

Untuk itu, bakal-bakal kiai yang menduduki kursi AHWA juga menjadi penting. Hingga saat ini, sejumlah nama banyak beredar di publik.

Dari rangkuman Kantor Berita Politik RMOL, nama-nama yang disebut akan tergabung dalam AHWA terdiri dari: KH Miftachul Akhyar yang merupakan Rais Aam saat ini, mantan Rais Aam sekaligus Wakil Presiden RI KH Maruf Amin, hingga KH Mustofa Bisri atau Gus Mus.

Di samping itu, nama-nama yang santer terdengar adalah, Tuan Guru Turmudzi Badarudin dari Nusa Tenggara Barat, KH Dimyati Rais Kendal, Jawa Tengah, dan Rais syuriah JWNU Jatim dan Pengasuh Ponpes Lirboyo KH Anwar Mansur.

Nama lain yang disebut menguat menjadi AHWA Pengasuh Ponpes Ploso Kediri, KH Nurul Huda Djazuli, KH Ali Akbar Marbun Sumatera Utara, dan Ketua MUI Palau dan FKUB Sulawesi Tengah, KH Zainal Abidin.

Selain kesembilan nama itu, ada juga nama yang dianggap kuat adalah Habib Lutfi bin Yahya dan Pengasuh Ponpes Bumi Sholawat Sidoarjo KH Agoes Ali Masyhuri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA