Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Hindari Perpecahan, Muncul Skema Said Aqil Rais Aam dan Yahya C. Staquf Ketum PBNU

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 23 Desember 2021, 19:16 WIB
Hindari Perpecahan, Muncul Skema Said Aqil Rais Aam dan Yahya C. Staquf Ketum PBNU
Beredar kabar Cak Imin inisiasi Said Aqil Rais Aam, Gus Yahya Ketum PBNU/RMOL
Muncul usulan skema Said Aqil Siroj menjabat Rais Aam dan Yahya Cholil Staquf menjadi Ketua Umum Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Skema ini disebutkan menjadi usulan jalan tengah dan usaha mencegah terjadinya perpecahan di organisasi Nahdlatul Ulama.

Kepada Kantor Berita Politik RMOL, sumber yang tidak mau disebutkan namanya menjelaskan bahwa kesepakatan tentang skema itu dilakukan pada Kamis siang (23/12).

Skema Said Aqil Rais Aam dan Gus Yahya Ketua Umum diinisiasi oleh Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar.

"Dalam Muktamar ini akan ada kejutan Kiai Said Rais Aam dan Gus Yahya Ketua umum. Ini biar NU tidak ada perpecahan, semuanya happy," demikian kata peserta Muktamar ini

Sejauh ini, tahapan Muktamar NU adalah sidang pleno rekomendasi organisasi yang dilaksanakan di empat tiik. Dalam waktu yang bersamaan sedang berlangsung rekapitulasi penghitungan suara calon anggota Ahlu Halli Wal Aqdi (AHWA).

Rais Aam sendiri akan dipilih oleh sembilan kiai NU yang dinamakan sebagai AHWA yang dipilih oleh Muktamirin yang terdiri dari Pengurus Wilayah NU (PWNU), Pengurus Cabang NU (PCNU), dan Pengurus Cabang Istimewa NU (PCINU).

Umumnya, Rais Aam juga dipilih di antara para kiai yang tergabung dalam AHWA. Meski demikian, konstitusi NU mengizinkan Rais Aam terpilih dari luar anggotA AHWA.

Untuk formasi AHWA sendiri yang disebutkan terpilih adalah KH Miftachul Akhyar yang merupakan Rais Aam saat ini, mantan Rais Aam sekaligus Wakil Presiden RI KH Maruf Amin, hingga KH Mustofa Bisri (Gus Mus).

Nama lainnya, Tuan Guru Turmudzi Badarudin dari Nusa Tenggara Barat, KH Dimyati Rais Kendal, Jawa Tengah, dan Rais syuriah JWNU Jatim dan Pengasuh Ponpes Lirboyo KH Anwar Mansur.

Nama lainnya adalah Pengasuh Ponpes Ploso Kediri, KH Nurul Huda Djazuli, KH Ali Akbar Marbun Sumatera Utara, dan Ketua MUI Palu dan FKUB Sulawesi Tengah, KH Zainal Abidin.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA