Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Saran Ketua DPD RI, Pemerintah Optimalkan Usaha Rakyat Kelola SDA

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 26 Desember 2021, 06:46 WIB
Saran Ketua DPD RI, Pemerintah Optimalkan Usaha Rakyat Kelola SDA
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti/Net
rmol news logo Sumber daya alam (SDA) yang dikelola dengan baik akan mampu menekan angka pengangguran yang belakangan melonjak cukup tinggi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Untuk itu, Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mendorong pemerintah untuk mengelola SDA dengan baik.

"Kita memiliki banyak sekali potensi yang bisa dikembangkan agar perekonomian dasar masyarakat dapat terus bergerak. Dengan konsep usaha rakyat bersama melalui koperasi," katanya di sela-sela kegiatan reses di Jawa Timur, Sabtu (25/12).

LaNyalla lantas mengurai bahwa sebanyak 19,10 juta orang (9,30 persen penduduk usia kerja) di Indonesia terdampak Covid-19. Jika hal ini tidak diselesaikan, akan menjadi permasalahan sosial yang semakin tinggi.

Peluang-peluang usaha yang paling konkret adalah usaha ultra mikro dengan jumlah modal awal yang sangat kecil kisaran Rp 5 juta hingga Rp 10 juta.

"Namun hal ini pun tentunya tidak mudah. Selain effort pekerja yang melekat kuat pada kelompok yang terdampak, kebiasaan bekerja lalu berubah menjadi pelaku usaha tidak akan serta merta dapat dialihkan," papar dia.

Tentu saja hal ini harus menjadi perhatian pemerintah daerah agar dapat menumbuhkan iklim usaha bersama yang dikelola rakyat terhadap SDA yang tersedia di masing-masing desa dan wilayah.

"Keseriusan inilah yang dapat menekan potensi permasalahan sosial yang bisa menjadi bom waktu," ujarnya.

Dikatakannya, gerakan secara radikal pemerintah daerah melalui infrastruktur yang dimiliki dapat dipastikan mengubah perekonomian.

"Tetapi diperlukan kreativitas untuk mengolah SDA yang dimiliki, karena setiap daerah memiliki potensi SDA yang berbeda," tuturnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA