Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Rizal Ramli: Salut untuk The Lions yang Ajarkan Berjuang Hingga Darah Terakhir, Semoga Garuda Juara

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 26 Desember 2021, 13:32 WIB
Rizal Ramli: Salut untuk The Lions yang Ajarkan Berjuang Hingga Darah Terakhir, Semoga Garuda Juara
Ekonom senior DR. Rizal Ramli/Net
Laga semifinal kedua Piala AFF 2020 antara Tim Nasional Indonesia melawan Singapura ternyata turut menyita perhatian ekonom senior DR. Rizal Ramli.

Menko Perekonomian era Presiden Gus Dur itu tidak lupa memberi pernghormatan kepada kedua tim yang bermain dengan sangat baik dan menyuguhkan drama menarik selama pertandingan.

Adapun laga yang digelar di National Stadium Singapore Sabtu malam (25/12) dimenangkan oleh Tim Garuda dengan skor cukup telak 4-2.

Namun demikian, kemenangan pasukan Shin Tae-yong tidak diraih dengan mudah. Bahkan harus jatuh bangun sekalipun Singapura harus kekurangan jumlah pemain.

“Selamat untuk Garuda yang lolos ke Final AFF dengan skor 4:2,” tegas Rizal Ramli.

Di satu sisi, mantan Menko Kemaritiman itu juga menyampaikan rasa salutnya kepada The Lions. Sebab, sekalipun mendapat kartu merah hingga 3 kali, Singapura tetap memberi perlawanan dan membuat Indonesia hampir bertekuk lutut.

“Top abis, salut untuk The Lions yang mengajarkan berjuang sampai titik darah terakhir 8 vs 11 pemain, jarang terjadi,” kata pria yang akrab disapa RR itu.

“Ke-2 tim menunjukkan semangat luar biasa, menginspirasi kita semua, semoga Garuda juara di Final AFF,” harapnya.

Egy Maulana Vikri cs harus berjuang sampai babak perpanjangan waktu untuk menumbangkan Singapura yang harus bermain dengan delapan pemain.

Singapura sudah mulai kehilangan satu pemain di penghujung babak pertama. Tepatnya setelah Safuwan Baharudin dikartu merah tepat pada menit 45+2.

Selanjutnya kartu merah diberikan wasit kepada pemain Singapura lainnya, yakni Irfan Fandi (67') dan Hassan Sunny (120+1’).

Adapun empat gol kemenangan timnas Indonesia tercatat atas nama Ezra Walian (11'), Pratama Arhan (87'), bunuh diri Shawal Anuar (91'), dan Egy Maulana Vikri (107').

Sementara dua gol balasan timnas Singapura dicetak oleh Song Ui-young (49') dan Shahdan Sulaiman (74').

Indonesia dipastikan lolos ke final Piala AFF 2020 yang akan digelar pada Rbu (29/12) dan Sabtu (1/1).

Lawan Indonesia di final ditentukan pada pertandingan malam ini antara Thailand dengan Vietnam. Di mana pada leg pertama Thailand sudah menang 2-0.

ARTIKEL LAINNYA