Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Festival UMKM Binaan Sampoerna-INOTEK, Menparekraf: Semoga Bisa Jadi Tonggak Ekonomi Kreatif

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 27 Desember 2021, 00:22 WIB
Di Festival UMKM Binaan Sampoerna-INOTEK, Menparekraf: Semoga Bisa Jadi Tonggak Ekonomi Kreatif
Menparekraf, Sandiaga Salahudin Uno/Repro
rmol news logo Peranan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam pemulihan ekonomi kreatif di Indonesia, diyakini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, bisa menjadi yang paling utama.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu disampaikan Sandi saat membuka Festival UMKM binaan PT HM Sampoerna melalui program lanjutan bernama "Sampoerna Untuk Indonesia" yang berkerjasama dengan Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK), Kementerian Koperasi dan UKM, Kemenparekraf, Kementerian LHK, serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jumat (24/12).

Dalam Festival UMKM bertajuk "Inovatif dan Kreatif #BangkitWirausaha" yang digelar 24-26 Desember 2021 ini, Sandi menyampaikan harapannya kepada 50 UMKM binaan Sampoerna dan INOTEK.

"Festival ini sebagai titik balik UMKM untuk terus maju, bangkit dan meningkatkan inovasi dan kreativitas produk, karena UMKM adalah tonggak kebangkitan ekonomi kreatif di Indonesia," ujar Sandi dalam keterangannya, Minggu (26/12).

Rangkaian kegiatan Festival UMKM ini di antaranya meliputi talkshow, business matching, mukbang, berbagai promosi belanja, ulasan produk UMKM oleh influencer dan blogger, serta beragam permainan dan kuis menarik yabg disajikan untuk memotivasi dan memperluas pasar UMKM agar dapat bangkit di masa pandemi ini.

Selain itu, festival ini juga memperkenalkan kekayaan inovasi produk kuliner dan produk kreatif dari UMKM binaan Sampoerna dan INOTEK, yang diharapkan akan terjadi transaksi optimal untuk mendorong perputaran ekonomi masyarakat.

 Dukungan terhadap festival ini juga datang dar Pemprov DKI Jakarta, sebagaimana disampaikan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Riza Patria, saat menghadiri acara pembukaan.

"Pemerintah mendukung penuh pelaksanaan Festival UMKM Inovatif dan Kreatif #BangkitWirausaha dalam misi membangkitkan perekonomian nasional, dimana acara ini merupakan sebuah gerakan nyata untuk membangkitkan motivasi dan optimisme UMKM untuk bangkit," kata Ariza, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kementerian LHK, Bambang Supriyanto, yang hadir mewakili Menteri KLHK, menekankan peranan UMKM untuk ikut melestarikan lingkungan. Karena menurutnya, UMKM yang berdaya saing harus memiliki wawasan ekonomi sirkular.

"Dalam hal ini, Sampoerna dan INOTEK memberikan dukungan yang luar biasa dengan memfasilitasi UMKM untuk memiliki usaha lestari melalui pemberian kemasan ramah lingkungan dan wawasan usaha lestari bagi 70 UMKM dalam program BBNEB," ujar Bambang.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Urusan Eksternal Sampoerna, Ishak Danuningrat menegaskan, Sampoerna berkomitmen untuk mengembangkan UMKM agar dapat meningkatkan daya saing. Hal ini dilakukan sebagai upaya mendukung pemulihan ekonomi nasional yang menyeluruh.

"Kami berkomitmen untuk senantiasa bersama-sama dengan para pemangku kepentingan dan mitra strategis mendukung pertumbuhan UMKM melalui program seperti Build Back National Economy Better (BBNEB), terlebih
untuk menyikapi tantangan dari pandemi Covid-19," tuturnya.

Rifda Ammarina, selaku anggota Dewan Pengurus INOTEK menilai, hilirisasi produk-produk UMKM dapat menjadi salah satu motor penggerak bangkitnya perekonomian. Sebagai inkubator bisnis yang mendampingi UMKM naik kelas, INOTEK berkomitmen untuk mendukung kebangkitan UMKM.

"Yaitu melalui hilirisasi produk-produk UMKM binaan sebagai pendorong pergerakan ekonomi," ucap Rifda.

Kemeriahan Festival UMKM Inovatif dan Kreatif #BangkitWirausaha berlangsung selama tiga hari dan menghadirkan narasumber yang kompeten, influencer dan blogger, serta pemangku kepentingan lainnya diharapkan dapat mendukung geliat UMKM lokal.

Dalam sambutan penutupan festival pada Minggu (26/12), Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, kembali menyorot pentingnya peranan UMKM, dan pentingnya pendampingan untuk memfasilitasi pertumbuhan UMKM.

"UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia. Pendampingan seperti yang dilakukan oleh Sampoerna bersama INOTEK dalam Festival UMKM ini dapat memperluas pasar dan memberikan dukungan kepada UMKM untuk meraih sukses di pasar domestik,” demikian Teten. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA