Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei Membuktikan Sandiaga Uno Cawapres Idaman Publik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 27 Desember 2021, 12:10 WIB
Survei Membuktikan Sandiaga Uno Cawapres Idaman Publik
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno/Net
rmol news logo Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menjadi calon wakil presiden yang dijagokan publik untuk berlaga pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Hal tersebut terekam dalam survei yang dilakukan kolaborasi Politika Research and Consulting dan Parameter Politik Indonesia yang dirilis dalam Forum Rilis Survei Nasional bertema "Political Outlook: Meneropong Poros Koalisi Partai Politik", Senin (27/12).

"Posisi teratas cawapres ada Sandiaga Salahuddin Uno 16,7 persen, (Gubernur Jawa Tengah) Ganjar Pranowo 12,4 persen dan (Ketua Umum Partai Gerindra) Prabowo Subianto 10,5 persen," ujar ujar Direktur Eksekutif Politika Research and Consulting Rio Prayogo.

Selanjutnya, ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 9,3 persen, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 5 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 4,9 persen, Komisaris Utama PT Pertamina Basuki Tjahaja Purnama 3,3 persen dan dai kondang Abdul Shomad 3 persen.

Berikutnya nama-nama dengan elektabilitas di bawah 3 persen. Seperti Tri Rismaharini, Khofifah Indar Parawansa, Puan Maharani, Jusuf Kalla, Gatot NUrmantyo, Susi Pudjiastuti, Harry Tanoesodibjo, Mahfud MD, Erick Thohir, Nadiem Makarim, dan Andika Perkasa.

Disusul Sri Mulyani, Muhaimin Iskandar, Rizieq Shihab, Airlangga Hartarto, Surya Paloh, Said Aqil Siroj, Hadi Tjahjanto, Salim Segaf Al JUfri, Budi Gunawan, Bambang Soesatyo, Moeldoko, Tito Karnavian, Zulkifli Hasan.

"Sementara masi ada responden yang menjawab tidak tahu atau tidak menjawab 1,8 persen," pungkasnya.

Survei dilakukan pada medio 12 November hingga 4 Desember 2021 dengan melibatkan 1.600 responden di 34 provinsi dengan kriteria berusia setidaknya 17 tahun atau sudah menikah.

Metode yang dipakai dalam survei adalah multistage random sampling dengan toleransi kesalahan 2,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA