Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Minta Impor Alkes dan Obat-obatan Disetop

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 27 Desember 2021, 14:39 WIB
Jokowi Minta Impor Alkes dan Obat-obatan Disetop
Presiden Joko Widodo saat melakukan sidak ketersediaan obat-obatan Covid-19 di apotek dekat Istana Bogor beberapa bulan lalu/Repro
rmol news logo Alat kesehatan (alkes) dan obat-obatan yang digunakan masyarakat Indonesia masih mayoritas bersumber dari produk impor.

Mengetahui hal tersebut, Presiden Joko Widodo menginstruksikan jajaran kementerian terkait untuk menyetop kebiasaan impor.

Hal tu disampaikan Jokowi saat melakukan groundbreaking Rumah Sakit (RS) Internasional Bali yang terletak di Kawasan Wisata Sanur, Kota Denpasar, Provinsi Bali, pada Senin (27/12).

"Jangan sampai kita mengimpor lagi alat-alat kesehatan, obat-obatan, bahan baku obat," ujar Jokowi dalam sambutannya.

Maka dari itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini mendorong industri farmasi dalam negeri untuk memproduksi alkes dan atau obat-obatan yang diperlukan oleh masyarakat Indonesia.

Dengan cara ini, menurut Jokowi Indonesia bakal bisa menjadi negara yang mandiri dan berdaya saing dalam menjaga ketahanan kesehatan masyarakatnya.

"Kita harus berhenti untuk mengimpor barang-barang itu lagi dan kita lakukan, kita produksi sendiri di negara kita," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA