Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sandiaga Bertemu Luhut dan Hendropriyono, Pengamat: Pilpres Bukan hanya soal Dukungan Rakyat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 27 Desember 2021, 16:12 WIB
Sandiaga Bertemu Luhut dan Hendropriyono, Pengamat: Pilpres Bukan hanya soal Dukungan Rakyat
Sandiaga Salahudin Uno (paling kiri atas) saat bertandang ke kediaman Luhut bersama Tito Karnavian dan AM Hendropriyono/Ist
rmol news logo Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menemui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pada momen hari Natal 2021.

Pada pertemuan di kediaman Luhut di Jakarta, Sandiaga juga terekam bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono.

Tidak sedikit yang menafsirkan, pada pertemuan itu juga dibahas soal jalan politik Sandiaga Uno menuju pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Soal asumsi itu, pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin memandang tidak terlalu berlebihan. Pasalnya, berbicara Pilpres tentu ada variabel dukungan pejabat disamping dukungan partai politik dan suara publik.

"Pilpres itu kan tidak hanya perlu dukungan rakyat, tidak hanya butuh dukungan dari publik atau pemilih, tetapi juga perlu dukungan dari elite-elite politik," ujar Ujang Komarudin kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (27/12).

Menurutnya, sebagai seorang figur, tentu Sandiaga yang merupakan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, perlu bersafari menemui tokoh untuk memastikan ada jalan yang lapang untuk dia melaju di Pilpres 2024.

"Langkah Sandiaga Uno itu jalan ketemu tokoh A atau tokoh B, itu bagian dari usaha agar bisa menjadi calon presiden di 2024 nanti, salah satunya begitu," terangnya.

Masih kata Ujang, pada akhirnya, Sandiaga harus tertahan pada realitas bahwa dia akan terhadap Ketua Umum Partai Gerindra PRabowo Subianto untuk mendapatkan tiket Pilpres 2024.

"Catatan saya, selama masih ada Prabowo, maka Sandiaga tidak akan bisa dicapreskan, maka suka tidak suka mau tidak mau Sandiaga cari dukungan dari partai lain," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA