Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

SMRC: Elektabilitas PDIP Masih Kokoh, Golkar dan Gerindra Bersaing Ketat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 28 Desember 2021, 13:42 WIB
SMRC: Elektabilitas PDIP Masih Kokoh, Golkar dan Gerindra Bersaing Ketat
Logo Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan/Net
rmol news logo Tingkat elektabilitas partai politik (parpol) jelang pemilihan umum (Pemilu) Serentak tahun 2024 coba dipetakan oleh sejumlah lembaga survei.

Seperti dalam survei terbaru Saiful Mujani Research and Consultintg (SMRC), yang hasilnya menempatkan PDI Perjuangan sebagai parpol yang masih kokoh sebagai calon jawara gelaran Pemilu Serentak 2024 nanti.

Temuan tersebut disampaikan Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas, dalam rilis survei bertema "Prospek Partai Politik dan Calon Presiden: Kecenderungan Perilaku Politik Pemilih Nasional", Selasa (28/12).

"Elektabilitas PDI Perjuangan masih tertinggi dengan 25,2 persen, disusul Golkar 11,2 persen dan Gerindra 10,8 persen," ujar Sirojuddin Abbas dalam paparannya.

Diapaprkan Sirojudin, di posisi berikutnya ada PKB yag=ng memperoleh elektabilitas 8,4 persen, Demokrat 6,2 persen dan PKS 5,1 persen melengkapi partai politik yang lolos parlemen dengan asumsi parlamentary threshold 4 persen.

Menariknya, ada sejumlah partai politik besar yang diperkirakan tidak lolos parlemen, Seperti Nasdem 3,4 persen, PPP 2,7 persen dan PAN 1,8 persen.

Di bawah partai-partai itu ada Perindo, Hanura, PSI, Emas, Buruh, PBB, PID, Garuda, Gelora, Masyumi, Prima, Ummat, PUK, Berkarya, PKP, Pinter, Pandai dan Nusantara.

"Sementara responden tidak menjawab atau menjawab tidak tahu masih 20,9 persen," demikian Sirojuddin Abbas.

Survei dilakukan 8-16 Desember dengan melibatkan 2420 responden dengan tingkat respon 2062 responden atau 85 persen dari populasi direncanakan.

Metode yang dipakai adalah multistage  random sampling dengan toleransi kesalahan 2,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA