Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Temuan SMRC, Elektabilitas Ganjar Pranowo Tempel Ketat Prabowo Subianto

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 28 Desember 2021, 14:27 WIB
Temuan SMRC, Elektabilitas Ganjar Pranowo Tempel Ketat Prabowo Subianto
Temuan SMRC, Ganjar Pranowo selisih 0,2 persen dengan Prabowo Subianto sebagai Capres 2024/RMOL
rmol news logo Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersaing ketat dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam perburuan elektabilitas calon presiden (Capres) 2024.

Hal tersebut disampaikan Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Sirojuddin Abbas dalam rilis survei bertema “Prospek Partai Politik dan Calon Presiden: Kecenderungan Perilaku Politik Pemilih Nasional”, Selasa (28/12).

"Pada pertanyaan tertutup 15 nama tokoh, Prabowo Subianto masih berimbang dengan Ganjar, Prabowo dengan 22,7 persen dan Ganjar Pranowo 22,5 persen," ujar Sirojuddin dalam paparannya

Menyusul di bawah Prabowo dan Ganjar, kata Sirojuddin, ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 15,2 persen dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 5 persen.

Selanjutnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 4,3 persen, Menteri Parekraf Sandiaga Uno 4,2 persen, Menteri Sosial Tri Rismaharini 2,7 persen dan Ketua DPR RI Puan Maharani 2,3 persen.

Dengan elektabilitas di bawah 2 persen ada Menko Polhukam Mahfud MD 1,3 persen, mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo 1,2 persen Menteri Keuangan Sri Mulyani 1,1 persen, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa 1,1 persen.

Selain itu, nama yang di bawah 1 persen diantaranya: Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto 0,6 persen, Kepala BIN Budi Gunawan 0,6 persen dan Menteri BUMN Erick Thohir 0,4 persen.

"Sementara responden tidak menjawab atau menjawab tidak tahu masih 14,7 persen," demikian Sirojuddin Abbas.

Survei ini dilakukan 8-16 Desember dengan melibatkan 2420 responden dengan tingkat respon 2062 responden atau 85 persen dari populasi direncanakan.

Metode yang dipakai adalah multistage  random sampling dengan toleransi kesalahan 2,2 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA