Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Eko Patrio: BUMN Memberi Dobel Manfaat untuk Rakyat

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 29 Desember 2021, 14:35 WIB
Eko Patrio: BUMN Memberi Dobel Manfaat untuk Rakyat
Anggota DPR Komisi VI Eko Hendro Purnomo/Net
Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberi dobel manfaat untuk masyarakat Indonesia. Selain menjadi perusahaan yang berperan untuk mendorong kesejahteraan masyarakat, di dalam BUMN juga ada CSR yang diperuntukan untuk masyarakat.

Begitu jelas Anggota DPR Komisi VI Eko Hendro Purnomo kepada wartawan, Rabu (29/12). Pernyataan serupa pernah dia sampaikan saat “Sosialisasi Peran Penting CSR BUMN” ke masyarakat Jakarta pada akhir pekan lalu, Sabu (25/12).

Eko Patrio, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa Menteri BUMN Erick Thohir telah membatasi CSR BUMN ini agar fokus pada tiga bidang saja, yakni pendidikan, lingkungan dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Seluruh CSR BUMN diarahkan ke tiga bidang itu. BUMN juga dituntut agar CSR bisa efektif dan efisien untuk membantu masyarakat luas,” urainya.

Sekretaris Fraksi Partai PAN ini menjabarkan, pendidikan menjadi bidang yang juga perlu diperhatikan karena generasi muda saat ini akan menghadapi disrupsi digitalisasi.

Akibat disrupsi, lapangan pekerjaan bisa saja nantinya digantikan oleh robot dan sistem kecerdasan buatan atau AI.

“Nah, kita butuh sebetulnya bagaimana CSR ini dapat digunakan untuk meningkatkan kapasitas pendidikan generasi muda kita,” sambungnya.

Salah satunya beasiswa Pertamina. Di mana Pertamina memberi beasiswa kepada mereka yang kurang mampu untuk berkuliah di Universitas Pertamina.

Menteri Erick, lanjutnya, juga beberapa waktu lalu memberikan 2.651 anak-anak TNI dan Polri mendapatkan dana pendidikan BUMN. Ini yang terlibat ada 33 BUMN.

“BUMN juga memberikan perhatian kepada UMKM melalui CSR-nya. PLN misalnya punya Rumah UMKM untuk mengembangkan UMKM. Ada sebanyak 29 Rumah UMKM yang mengelola 8 ribu UMKM yang fokusnya di ultra-mikro. Rumah UMKM ini nggak hanya PLN saja tetapi juga dikembangkan,” tutupnya.

ARTIKEL LAINNYA