Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Jokowi Minta Ada Hilirisasi Industri Digital, Kominfo Buka Pelatihan Talenta Digital Mulai Tahun Depan

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 29 Desember 2021, 22:22 WIB
Jokowi Minta Ada Hilirisasi Industri Digital, Kominfo Buka Pelatihan Talenta Digital Mulai Tahun Depan
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate/Repro
Pembangunan infrastruktur digital yang tengah digencarkan pemerintah, diminta Presiden Joko Widodo bisa berjalan berbarengan dengan penguasan digital oleh Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate menyatakan, Presiden menyebut peningkatan kualitas SDM dalam negeriterhadap dunia digital adalah hilirisasi industri digital.

"Bapak Presiden sudah menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur harus juga bisa digunakan dan dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat atau istilah beliau hilirisasi," kata Johnny dalam keterangan tertulisnya Rabu (29/12).

Dalam rangka hilirisasi ini, mantan legislator Partai Nasdem ini memandang perlu banyak persiapam yang harus Kementerian Kominfo lakukan, termasuk untuk mempersiapkan tersedianya sumber daya manusia atau talenta digital yang memadai.

Dia memastikan Kementerian Kominfo telah menjalankan program pelatihan digital dalam tiga tingkatan untuk membekali peserta dengan keterampilan dasar melalui Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD).

Selain itu, terdapat juga pelatihan tingkat menengah dalam program Digital Talent Scholarship (DTS) serta tingkat atas melalui program Digital Leadership Academy (DLA).

Program ini, kata Johnny, adalah bagian dari upaya pemerintah untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) guna mengakselerasi transformasi digital nasional.

"Kita mempunyai infrastruktur TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) tapi kita tidak siap dengan sumber daya manusianya, sehingga Kominfo mengambil inisiatif untuk melakukan program terkait dengan peningkatan kualifikasi dan kualitas sumber daya manusia digital Indonesia dimulai dari level yang paling bawah yaitu basic skills," demikian Johnny.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA