Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Penerimaan Pajak Tembus Target, PAN: Yang Penting Jangan Cuma Terpenuhi Sekali Saja

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 30 Desember 2021, 12:50 WIB
Penerimaan Pajak Tembus Target, PAN: Yang Penting Jangan Cuma Terpenuhi Sekali Saja
Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno (tengah) dalam Refleksi Akhir Tahun Partai Amanat Nasional di Kantor DPP PAN, Bilangan Warung Buncit, Jakarta Selatan/RMOL
Penerimaan pajak tahun 2021 yang melampaui target APBN 2021 tetap perlu diapresiasi sekalipun angka yang dipatok lebih kecil dibandingkan tahun sebelumnya.

Begitu kata Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno dalam Refleksi Akhir Tahun Partai Amanat Nasional di Kantor DPP PAN, Bilangan Warung Buncit, Jakarta Selatan, Kamis (30/12).

"Adanya target yang terlampaui, yang merupakan sebuah capaian, yang tentu perlu kita berikan apresiasi karena memang hal nya demikian," ujar Eddy Soeparno.

Dijelaskan Eddy, nominal target penerimaan pajak memang dipatok mengalami penurunan, tepatnya di angka Rp 1.229 triliun. Tetapi, angka tersebut merupakan hasil kajian bersama diantata Pemerintah dan DPR RI untuk menyesuaikan dengan situasi ekonomi yang terdampak langsung pandemi Covid-19.

"Jadi menurut kami pada saat itu adanya target yang secara nominal menurun itu dianggap realistis mengingat kondisi perekonomian kita 2021 masih belum pulih," katanya.

"Bisa dilihat praktis perekonomian, kita lumpuh di saat varian delta itu mengganas di Indonesia dengan berbagai penutupan, mobilitas masyarakat yang juga tidak bisa digerakkan, banyak kegiatan ekonomi yang boleh dikatakan tidak bisa berjalan," bebernya lebih lanjut.

Terpenting, kata Wakil Ketua Komisi VII DPR RI ini, capaian penerimaan pajak itu jangan sampai hanya terjadi sekali waktu saja. Artinya, pemerintah harus bisa membuat capaian itu berkesinambungan dalam waktu ke depan.

"Paling penting capaian ini jangan hanya menjadi capaian satu kali saja, harus ada kesinambungan agar kita bisa selalu punya disiplin kuat dalam menganggarkan sesuatu yang sesuai target," pungkasnya.

Hadir pada Refleksi Akhir Tahun PAN, Wakil Sekjen PAN Soemarsono, Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay dan Anggota Komisi XI Fraksi PAN DPR RI Jon Erizal.

ARTIKEL LAINNYA