Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Indeks Penerapan SPBE Kominfo Tinggi, Menteri Johnny Komit Terus Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 30 Desember 2021, 14:53 WIB
Indeks Penerapan SPBE Kominfo Tinggi, Menteri Johnny Komit Terus Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik
Menteri Kominfo, Johnny G. Plate/Repro
Indeks tertinggi dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik(SPBE) Tahun 2021 berhasil diperoleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Menteri Kominfo, Johnny G. Plate menyatakan, capaian itu menggambarkan upaya pihaknya melaksanakan akselerasi transformasi digital, khususnya di sektor pemerintahan digital, dengan target meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.

"Ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo agar Pemerintah menghadirkan pelayanan publik yang transparan, cepat dan efektif. Salah satunya dengan penerapan SPBE atau e-government agar pelayanan kepada masyarakat dapat berlangsung lebih baik," ujar Johnny dalam keterangannya, Kamis (30/12).

Menurut Johnny, dalam peta jalan Indonesia Digital 2021-2024, terdapat empat sektor strategis akselerasi tranformasi digital sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

"Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024  memberikan penjelasan mengenai arah kebijakan, implementasi pelaksanaan dan target capaian untuk transformasi digital Indonesia di empat sektor strategis yaitu infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital,"ungkapnya.

Selain itu, mantan legislator Partai nasdem ini juga memastikan Kementerian Kominfo berusaha mencakup berbagai bidang secara komprehensif, salah satunya dalam pelaksanaan SPBE untuk mengembangkan pemerintahan digital.

Kominfo sendiri, diurai Johnny, secara khusus mengambil tugas dan fungsinya sebagai Government Chief Technology Officer yang diatur di dalam Perpres SPBE, di mana mempunyai tugas dan fungsi pada pengembangan Pusat Data Nasional (Government Cloud), pelaksanaan interoperabilitas SPBE dan integrasi jaringan intrnet pemerintah di bawah koordinasi Kementerian PAN RB.

"Ini semuanya tentu dalam rangka kemudahan dan efisiensi  pelayanan publik,” demikian Johnny.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA