Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berperan Dongkrak Ekonomi, Menko Airlangga Wanti-wanti INA Modal Rp 30 Triliun Segera Direalisasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 30 Desember 2021, 16:19 WIB
Berperan Dongkrak Ekonomi, Menko Airlangga Wanti-wanti INA Modal Rp 30 Triliun Segera Direalisasi
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Net
rmol news logo Pertumbuhan ekonomi nasional tahun ini diprediksi berada pada kisaran maksimal 4 persen secara tahunan (year on year). Namun, angka tersebut tergantung pada capaian kuartal IV-2021.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menerangkan, perekonomian Indonesia diprediksi akan tumbuh di atas 5 persen pada Triwulan IV-2021 dan 3,7 persen sampai 4 persen secara tahunan.

Airlangga menyatakan, prediksi tersebut diperkirakan akan tercapai karena berbagai indikator utama dalam perekonomian nasional telah menunjukkan perbaikan. Misalnya, sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial yang bisa dilihat dari semakin efektifnya penanganan Covid-19 dan meluasnya pelaksanaan vaksinasi.

Kemudian, ada sektor informasi dan komunikasi akibat adaptasi kebiasaan baru yang membutuhkan koneksi internet, serta sektor pertambangan dan penggalian yang disebabkan tingginya permintaan ekspor dan penguatan harga komoditas.

Terkait pencapaian penerimaan perpajakan, tercatat sampai 26 Desember 2021 jumlah neto penerimaan pajak mencapai Rp1.231,87 triliun atau menembus 100,19 persen dari target yang diamanatkan dalam APBN sebesar Rp1.229,6 triliun.

"Jadi dari sisi penerimaan aman dan dari segi Indeks Keyakinan Konsumen juga kami berharap akan naik lagi di Triwulan IV," ujar Airlangga dalam keterangannya yang dilansir laman Kemenko Perekonomian, Kamis (30/12).

Ketua Umum Partai Golkar ini juga menyebutkan, kinerja investasi di 2021 juga tergolong sangat baik dan menjadi salah satu penopang pertumbuhan. Di mana realisasi investasi pada Triwulan III-21 telah mencapai Rp216,7 triliun atau meningkat sebesar 3,7 persen (yoy).

Realisasi investasi pada Triwulan III-2021 terdiri atas PMA sebesar Rp 103,2 triliun (47,6 perse) dan PMDN sebesar Rp 113,5 triliun (52,4 persen). Adapun sepanjang Triwulan I-III 2021, realisasi investasi telah mencapai Rp 659,4 triliun atau 73,3 persen dari target realisasi investasi tahun ini sebesar Rp 900 triliun.

"Ke depannya, kita harapkan Indonesia Investment Authority (INA) bisa bergerak karena Pemerintah sudah memberikan modal Rp 30 triliun, sehingga tinggal realisasi proyek-proyek mana yang akan dibiayai," tandas Airlangga.

Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini menambahkan, pemerintah juga mendorong capaian berbagai Proyek Strategis Nasional, yang hingga 2024 nilainya diharapkan bisa mendekati Rp 5.000 triliun. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA