Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jaringan 5G Baru Ada di 13 Kota, Kominfo Lanjutkan Perluasannya di Tahun 2022

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 31 Desember 2021, 18:58 WIB
Jaringan 5G Baru Ada di 13 Kota, Kominfo Lanjutkan Perluasannya di Tahun 2022
Jurubicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi/Net
rmol news logo Optimalisasi kualitas layanan jaringan 4G maupun pengembangan jaringan 5G di Indonesia oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bakal dilanjutkan tahun depan.

Jurubicara Kementerian Kominfo, Dedy Permadi menjelaskan, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, telah berhasil mengembangkan jaringan 5G di belasan kota di Indonesia.

"Saat ini layanan komersial 5G telah hadir di beberapa area residensial dan hotspot di 13 kota di Indonesia melalui 3 (tiga) operator seluler yakni PT Telkomsel, PT Indosat, dan PT XL Axiata," ujar Dedy dalam keterangannya Jumat (31/12).

Pada tahun 2021 ini, dipaparkan Dedy, pengembangan 5G juga terealisasi melalui upaya menghadirkan 5G experience di berbagai event nasional seperti pada acara peluncuran Gerakan Bangga Buatan Indonesia di Labuan Bajo, PON XX Papua di Stadion Lukas Enembe, dan pameran Pusat Inovasi Digital Industri 4.0 di Jakarta.

Kehadiran 5G experience tersebut, diurai Dedy, merupakan hasil sinergi antara Kementerian Kominfo dengan operator seluler di Indonesia. Ke depannya, Kominfo akan terus mendorong pengembangan konektivitas 5G.

"Salah satunya dengan menghadirkan 5G experience dalam gelaran MotoGP Mandalika tahun 2022 dan event penting pada G20 mendatang," katanya.

Selain itu, Dedy juga menyebutkan capaian Kominfo lainnya yang sepanjang tahun 2021 terus melakukan upaya penataan atau farming dan refarming spektrum frekuensi, termasuk melalui persiapan pelaksanaan program Analog Switch Off (ASO). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA