Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kongres Pemuda Asia-Afrika: AUKUS Penting untuk Imbangi Agresifitas China di Indo-Pasifik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 01 Januari 2022, 16:37 WIB
Kongres Pemuda Asia-Afrika: AUKUS Penting untuk Imbangi Agresifitas China di Indo-Pasifik
Ilustrasi
rmol news logo Kehadiran AUKUS sebagai kerjasama pertahanan Australia bersama Inggris dan Amerika Serikat, menjadi penting sebagai media penjaga stabilitas kawasan Indo-Pasifik.

Presiden Kongres Pemuda Asia-Afrika atau Asian African Youth Goverment (AAYG), Respiratori Saddam Al-Jihad mengatakan, AUKUS penting untuk hadir mengimbangi agresifitas China di kawasan Indo-Pasifik.

"Indo-Pasifik memerlukan kekuatan luar untuk mengimbangi agresifitas China, karena dalam sejarah dunia negara yang agresif atau dominan cenderung memicu lahirnya konflik atau perang," ujar Saddam kepada wartawan, Sabtu (1/1).

AUKUS sendiri merupakan kerjasama trilateral Australia bersama Inggris dan Australia dalam penguatan pertahanan dengan pengembangan kapal selam bertenaga nuklir.

Saddam tidak menyangkal, kehadiran AUKUS menuai pro dan kontra di Indo-Pasifik sendiri. Terutama, soal kekhawatiran menyangkut stabilitas keamanan kawasan.

"Tetapi, selama itu bertujuan menjaga perdamaian dan adanya komitmen aktivitas non-agresifitas, saya kira tidak ada masalah," katanya.

Saddam berharap, agar negara-negara yang tergabung dalam aliansi AUKUS menjalin komunikasi ke negara-negara Indo-Pasifik. Sehingga, AUKUS bisa diterima dan didukung.

"Selain memperkuat postur pertahanan khususnya Australia, juga perlu penjelasan yang dapat diterima tentang stabilitas kawasan dan mamnfaat lain bagi negara anggota kawasan," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA