Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Budiman Sudjatmiko Ajak Pecatan Eijkman jadi Peneliti Kesehatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Minggu, 02 Januari 2022, 23:50 WIB
Budiman Sudjatmiko Ajak Pecatan Eijkman jadi Peneliti Kesehatan
Budiman Sudjatmiko
rmol news logo Budiman Sudjatmiko coba mencarikan solusi terkait ratusan pegawai lembaga Biologi Molekuler Eijkman yang dipecat imbas dari kebijkan pemerintah yang melebur semua lembaga riset menjadi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Politisi PDI Perjuangan ini mengaku kenal dengan beberapa pegawai Eijkman. Rencananya, Budiman akan menjembatani mereka tetap bisa berkarir dan memberikan ilmunya di tempat lain.

"Saya punya beberapa teman baik di Eijkman dan kita akan berbicara untuk mengatasi mengakomodasi temen-temen peneliti yang tidak menjadi PNS,” ucap Budiman kepada Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (2/1).

Seiring dengan itu, Budiman dalam beberapa bulan terakhir ini juga telah menemui sejumlah pengusaha yang bergerak di bidang teknologi untuk menjadi fasilitator para ilmuwan dan peneliti di Eijkman yang dipecat oleh pemerintah itu.

"Saya ketemuin mereka yang saya kenal ya satu dua orang, dan kemudian dalam beberapa bulan ini tepatnya, saya dengan beberapa pengusaha memang sedang membicarakan soal perlunya pihak swasta lebih aktif dalam mengembangkan riset dan developement terutama dalam industri kesehtan atau bio teknologi,” katanya.

Pihaknya juga meminta agar para pengusaha swasta mampu mengoptimalkan para peneliti yang dipecat tersebut untuk pengembangan riset dan teknologi terutama di bidang kesehatan dan pertanian.

"Kami salah satunya juga membicarakan mengenai mengoptimalkan dan memanfaatkan para peneliti Indonesia untuk riset kesehatan.
Nah, karena itu saya akan berbicara kepada para peneliti Eijkman ini yang tidak jadi PNS untuk bergabung saja,” tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA