Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menko Airlangga: Program Vaksin Booster Segera Dimulai 12 Januari Mendatang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Senin, 03 Januari 2022, 19:13 WIB
Menko Airlangga: Program Vaksin Booster Segera Dimulai 12 Januari Mendatang
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto./Dok
rmol news logo Pemerintah memutuskan untuk melanjutkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada wilayah Jawa-Bali dan Luar Jawa-Bali untuk dua pekan ke depan. Pemerintah juga sedang mempersiapkan program Vaksin Booster atau vaksin dosis ketiga yang diharapkan segera dimulai pada 12 Januari 2022 mendatang.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers usai rapat terbatas Evaluasi PPKM di Istana Negara, Jakarta Senin (3/1).

“PPKM tetap dijalankan mulai tanggal 4 hingga 17 Januari 2022 mendatang. Hal ini sesuai dengan hasil evaluasi yang telah dilakukan dalam seminggu terakhir ini setelah masa liburan Nataru usai,” ujar Airlangga.

Terkait pengendalian Covid-19, Airlangga menjelaskan, perkembangan kasus aktif per 2 Januari 2022 sebanyak  4.382 kasus atau 0,1 persen dari total kasus. Angka ini di bawah rata-rata global yang sebesar 10,53 persen.  Bahkan jika dibandingan dengan kondisi puncak di 24 Juli 2021, persentasenya sudah turun -99,23 persen.

“Angka Reproduksi Kasus Efektif (Rt) Indonesia yakni 0,98, dan angka Rt semua pulau berada di bawah 1 (laju penularan terkendali). Namun, perlu diwaspadai sedikit kenaikan laju reproduksi di Pulau Sumatera, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua,” tambah Airlangga.
 
Melaporkan update pelaksanaan vaksinasi, Airlangga mengatakan, laju rata-rata vaksinasi dalam seminggu terakhir dengan rata-rata 1.519.457 dosis per hari. Angka ini meningkat sejak vaksinasi anak (usia 6-11 tahun) dimulai.

Vaksinasi anak menambah laju vaksinasi harian lebih dari 215.000 dosis sejak dimulai, dan sampai saat ini sebanyak 3.871.152 dosis telah disuntikan untuk anak usia 6-11 tahun.

Menko Airlangga menambahkan, pemerintah saat ini sedang mempersiapkan program vaksin booster atau vaksin dosis ke-3. Saat ini instansi terkait tengah menyelesaikan rancangan Perpres dan Permenkes/Kepmenkes (KMK).

“Ini akan segera dimulai pada 12 Januari 2022 mendatang,” tandas Menko Airlangga. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA