Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Panglima TNI Harus Perintahkan Jenderal Dudung Damai dengan Habib Bahar, Militer Kembali ke Barak

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 04 Januari 2022, 12:48 WIB
Panglima TNI Harus Perintahkan Jenderal Dudung Damai dengan Habib Bahar, Militer Kembali ke Barak
Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa/Net
Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa diharapkan segera memerintahkan KSAD, Jenderal Dudung Abdurachman untuk berdamai dengan rakyat biasa seperti Habib Bahar Bin Smith yang belakangan ramai diperbincangkan.

Sebab, "perseteruan" antara Bahar bin Smith dan Dudung Abdurachman sangat tidak etis lantaran timbul kesan TNI versus rakyat.  

"Tentu saja berdamai dalam artian tetap menjaga wibawa dengan tidak memusuhi atau membuat permusuhan pada rakyat, baik rakyat persorangan maupun kelompok," kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah kepada Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu di Jakarta, Selasa (4/1).

Dedi lantas menyinggung insiden Bahar bin Smith yang didatangi Perwira Tinggi TNI beberapa waktu lalu hingga penetapan Bahar sebagai tersangka dinilai berlebihan. TNI yang bertugas menjaga pertahanan nasional sangat tidak etis turun langsung berurusan dengan masyarakat sipil.

Untuk itu, Pengamat Politik jebolan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini berharap Panglima TNI turun tangan memerintahkan Jenderal Dudung untuk berdamai dengan rakyat, dalam hal ini Bahar bin Smith.

"Panglima TNI perlu mengembalikan militer ke barak, menjaga stabilitas dan perdamaian internal sesama anak bangsa. Tidak saja menegur Dudung, tetapi termasuk yang mendatangi Bahar Smith ke kediaman karena itu menurunkan martabat serta wibawa militer," tandasnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA