Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

CORE: Langkah Airlangga Hadirkan Minyak Goreng Murah Sudah Tepat

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 06 Januari 2022, 11:49 WIB
CORE: Langkah Airlangga Hadirkan Minyak Goreng Murah Sudah Tepat
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Ist
Langkah pemerintah, dalam hal ini Kemenko Perekonomian mengucurkan dana Rp 3,6 triliun demi menekan harga minyak goreng di pasaran adalah langkah tepat.

“Buat kebijakan jangka pendek ya sudah tepat. Ya mau gimana lagi, masyarakat sudah teriak karena harga minyak di luar nalar kita naiknya,” ucap Direktur Riset Center of Reform on Economics (CORE), Piter Abdullah kepada Kantor Berita Polirik RMOL, Kamis (6/1).

Dia menambahkan, naiknya harga minyak berdampak pada industri rumah tangga tingkat bawah dan menengah. Oleh sebab itu, langkah Menko Perekonomian tersebut perlu langsung dieksekusi.

“Jadi ini memang sangat dibutuhkan, segera eksekusi agar terjadi stabilisasi harga di pasaran terutama untuk leve bawah,” tandasnya.

Setidaknya, dana senilai Rp 3,6 triliun siap digelontorkan pemerintah agar minyak goreng murah seharga Rp 14.000 per liter bisa tersedia di pasaran.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menjelaskan, minyak goreng murah ini akan tersedia sampai enam bulan ke depan.

"Volume selama 6 bulan adalah 1,2 miliar liter dan dibutuhkan anggaran untuk menutup selisih harga ditambah PPN sebesar Rp 3,6 triliun," kata Airlangga, Rabu kemarin (5/1).
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA