Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Segera Dibuka, Masyarakat Sudah Bisa Bikin Akun Kartu Prakerja di Situs Resmi

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 06 Januari 2022, 12:55 WIB
Segera Dibuka, Masyarakat Sudah Bisa Bikin Akun Kartu Prakerja di Situs Resmi
Kartu Prakerja/Net
Program Kartu Prakerja kembali dibuka untuk pembuatan akun calon penerima tahun 2022 melalui website www.prakerja.go.id, mulai Rabu kemarin (5/1).

Direktur Operasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Hengki Sihombing mengatakan, calon penerima sudah bisa membuat akun untuk mendapatkan fasilitas pelatihan.

"Silakan membuat akun, sembari menunggu gelombang 23 yang waktu pembukaannya akan kami umumkan saat mendapatkan keputusan dari Komite Cipta Kerja," ujar Hengki dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (6/1).

DIjelaskan Hengki, para calon penerima Kartu Prakerja akan memiliki kemudahan jika membuat akun sebelum pembukaan gelombang, yakni akan memiliki akun di dashboard Kartu Prakerja.

Sehingga, pada saat Gelombang 23 dibuka, calon penerima sudah bisa langsung mengklik fasilitas 'Gabung Gelombang' di website resmi Kartu Prakerja untuk mengikuti seleksi.

"Tanpa harus lagi mengisi kelengkapan administrasi serta rangkaian tes awal," imbuhnya.

Untuk informasi mengenai pembukaan gelombang, lanjut Hengki, calon penerima Kartu Prakerja dapat mengikuti update program di akun Instagram Kartu Prakerja, yakni @prakerja.go.id.

Selain itu, dengan memiliki akun dan masuk ke dashboard prakerja.go.id, calon penerima juga bisa memanfaatkan berbagai fitur seperti Rekomendasi Pekerjaan  dan fitur Pencarian Lowongan Pekerjaan.

"Fitur itu bisa dimanfaatkan oleh siapa saja yang sudah memiliki akun Prakerja, baik yang sudah menjadi penerima program maupun yang berstatus sebagai calon penerima," kata Hengki.

Lebih lanjut, ia mengimbau masyarakat yang ingin mengikuti Program Prakerja berhati-hati terhadap situs palsu maupun tautan yang mengatasnamakan Program Kartu Prakerja.

Pembuatan akun calon peserta Program Kartu Prakerja hanya bisa dilakukan di situs resmi www.prakerja.go.id, dan tidak ada kanal selain ini.

"Saya mengingatkan pembuatan akun dan pemberian data pribadi untuk tujuan mendapatkan manfaat Kartu Prakerja hanya ada di www.prakerja.go.id," tandas Hengki. >/b>
EDITOR: DIKI TRIANTO