Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Cuma Layak Huni, Maruf Amin Pastikan Huntap Pombewe Berkonsep Smart Village

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 06 Januari 2022, 13:39 WIB
Tak Cuma Layak Huni, Maruf Amin Pastikan Huntap Pombewe Berkonsep <i>Smart Village</i>
Wakil Presiden Republik Indonesia, Maruf Amin usai rapat bersama menteri dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah di Kantor Gubernur Sulteng/RMOL
rmol news logo Pembangunan hunian tetap (Huntap) bagi masyarakat korban bencana di Palu tidak hanya dibuatkan rumah layak huni, melainkan didukung dengan fasilitas penunjang ekonomi.

Salah satunya di huntap Pombewe. Nantinya, hunian tetap ini akan dibangun dengan fasilitas penunjang lengkap, baik sarana transportasi maupun sarana untuk usaha.

"Akan dibangun dengan fasilitas lengkap sebagai daerah baru, tidak hanya pemukiman tapi semacam smart village. Artinya kampung yang ditata dan diberi tempat kegiatan usaha secara lengkap," kata Wakil Presiden Maruf Amin usai menggelar rapat bersama para menteri dan jajaran Pemprov Sulawesi Tengah, Kamis (6/1).

Pembangunan hunian smart village memang selama ini menjadi model yang dilakukan pemerintah dalam memenuhi kebutuhan hunian masyarakat korban bencana.

Salah satu wilayah yang sudah membangun smart village adalah Lumajang, Jawa Timur.

Kata Maruf Amin, model smart village sengaja dihadirkan pemerintah semata-mata agar masyarakat bisa tinggal nyaman dan tidak kehilangan mata pencaharian.

"Model ini kita kembangkan supaya mereka tidak kehilangan tempat usaha dan ekonomi. Supaya tidak berlarut-larut, mereka yang belum memperoleh hunian tetap segera terselesaikan," sambungnya.

Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah hunian yang direlokasi sekitar 72 ribu dan sudah terselesaikan 98 persen. Diperkirakan, persoala lahan relokasi akan selesai pada akhir Februari 2022. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA