Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Maruf Amin Siapkan Dua Opsi Percepat Pembangunan Hunian Tetap Palu

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 06 Januari 2022, 15:28 WIB
Maruf Amin Siapkan Dua Opsi Percepat Pembangunan Hunian Tetap Palu
Wakil Presiden Maruf Amin saat konferensi pers di Kantor Gubernur Sulawesi Tengah/RMOL
Relokasi masyarakat korban bencana di Palu ke hunian tetap (Huntap) dipastikan dilakukan tanpa menyisakan masalah.

Wakil Presiden Maruf Amin berujar, memang ada persoalan terkait lahan di lokasi huntap Tondo 2 yang masih dalam pembangunan. Pemerintah pun telah menyiapkan beberapa alternatif agar relokasi hunian masyarakat tetap bisa dilakukan.

"Alternatif pertama, akan diselesaikan oleh Gubernur dan Walikota paling lambat akhir Februari. Mereka akan negosiasi dan menyelesaikan aturan yang ada," kata Wapres Maruf Amin saat konferensi pers di Kantor Gubernur Sulawesi Tengah, Palu, Kamis (6/1).

Opsi kedua, pembangunan dilakukan di Pombewe yang sudah tersedia lahannya.

"Kalau tidak clean dan clear, tidak bisa dibangun. Makanya disiapkan langkah alternatifnya di tempat yang sudah tersedia clean dan clear (di Pombewe)," lanjut Maruf.

Ia berharap, Pemprov Sulteng bisa segera menyelesaikan persoalan tersebut agar huntap bisa segera rampung dan bisa ditempati masyarakat.

"Kalau sudah clear and clean (Huntap) sudah bisa dibangun. Tetapi karena masih ada (persoalan) dan masyarakat masih menginginkan di situ (tidak pindah), ya kita berikan waktu. Begitu selesai, mungkin sebelum akhir Februari selesai, langsung dibangun," tutupnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA