Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fahri Hamzah Anggap PT 20 Persen Faktor Penyebab Turunnya Demokrasi di Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 07 Januari 2022, 06:03 WIB
Fahri Hamzah Anggap PT 20 Persen Faktor Penyebab Turunnya Demokrasi di Indonesia
Politisi partai Gelora Fahri Hamzah/Net
rmol news logo Adanya Presidential Threshold (PT) 20 persen menjadi salah satu indikator penyebab menurunnya kualitas demokrasi di Indonesia.

Politisi Partai Gelora Fahri Hamzah berharap agar presidential threshold 20 persen perlu ditiadakan atau dihapuskan. Pasalnya, ketentutan tersebut hanya mempersempit peluang munculnya calon presiden yang lebih luas.

"Saya melihat sistem pemilu saat ini lebih memperkuat peran oligarki politik sekelompok elite, tetapi mengabaikan keterwakilan rakyat Indonesia di berbagai daerah,” kata Fahri kepada wartawan di Jakarta, Kamis (6/1).

Mantan Wakil Ketua DPR RI ini berpendapat, orang-orang yang akan maju sebagai Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden seharusnya memahami isu-isu yang ada di daerah, tak hanya fokus pada wilayah pusat negara.

"Orang Papua ingin berdebat dengan calon presiden, bagaimana nasib Papua ke depan. Begitu pun Aceh. Jangan capres muter-muter di Menteng terus menginginkan republik,” katanya.

Ketentuan presidential threshold saat ini memicu efek yang lebih banyak terutama di Indonesia yang merupakan bangsa besar.

"Saya kira ini yang harus diakhiri dengan ketiadaan threshold yang seperti kemarin yaitu 20 persen, itu,” tutupnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA