Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Survei DSI: Elektabilitas Airlangga Paling Tinggi, Pecundangi Prabowo dan Ganjar

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 09 Januari 2022, 12:28 WIB
Survei DSI: Elektabilitas Airlangga Paling Tinggi, Pecundangi Prabowo dan Ganjar
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto/Ist
Representasi sosok Presiden Indonesia yang diinginkan masyarakat pada 2024 mendatang ada pada Airlangga Hartarto.

Hal itu terlihat dari hasil survei nasional yang diselenggarakan Dinamika Survei Indonesia (DSI) pada 22 Desember 2021 hingga 6 Januari 2022. Dalam survei tersebut, Airlangga Hartarto mendapat elektabilitas tertinggi dengan 21,1 persen.

"Airlangga juga dianggap sebagai representasi sosok presiden yang diinginkan masyarakat dengan perolehan 21,2 persen," ujar Koordinator Survei Nasional DSI, Permadi Yuswiryanto dalam keterangannya yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (9/1).

Sementara itu, sosok Prabowo Subianto berada di urutan kedua dengan perolehan 16,2 persen dan disusul Ganjar Pranowo dengan perolehan 9,6 persen.

"Jendral Dudung Abdurachman 5,1 persen, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 4,3 persen, Puan Maharani 3,6 persen," kata Permadi.

Sementara itu, tokoh lainnya memiliki elektabilitas di bawah angka 3,6 persen. Mereka adalah, Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko 3,3 persen, mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo 3,1 persen.

Selanjutnya, Mendagri Tito Karnavian 2,7 persen, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 2,7 persen, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar 2,6 persen, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 1,3 persen.

Kemudian, Ketua Umum Partai Perindro Harry Tanoesoedibjo 1,1 persen, Menko Polhukam Mahfud MD 1,1 persen, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 0,7 persen.

"Responden yang menjawab tidak tahu atau belum menentukan pilihan sebanyak 21,4 persen," pungkas Permadi.

Survei ini dilakukan dengan metode multistage random sampling terhadap 1.988 orang di 34 provinsi secara proporsional dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen . Adapun margin of error survei ini sebesar 2,2 persen.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA