Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Satyo Purwanto: Ahok Menentang Visi Presiden Jokowi

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 10 Januari 2022, 09:55 WIB
Satyo Purwanto: Ahok Menentang Visi Presiden Jokowi
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dan Komisaris Utama PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok/Net
Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dianggap telah menentang visi Presiden Joko Widodo.

Hal itu tak lepas dari gagalnya Indonesia mengakuisisi pabrik mobil listrik Jerman dan jatuh ke Singapura yang disinyalir gara-gara Ahok.

"Baru terjadi di Indonesia ada komisaris BUMN lebih 'sakti' dari menteri yang menandatangani SK pengangkatannya sebagai komisaris," ujar Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia's Democratic Policy, Satyo Purwanto kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (10/1).

Bagi Satyo, akuisisi perusahaan mobil listrik Jerman tersebut kandas tak lepas karena ulah mantan Gubernur DKI Jakarta yang belum lama ini mempolemikkan rencana akuisisi.

"Sang komisaris tersebut bahkan menentang visi Presiden Jokowi yang menginginkan Indonesia jadi pemain utama produsen mobil listrik," kata Satyo.

Di sisi lain, Satyo mengkritik pemerintahan Joko Widodo ini gagal menjalankan konsep good governance akibat bermain dengan orang 'titipan' oligarki.

"Sangat terang dan jelas Komisaris Pertamina tersebut bukanlah orang yang ditempatkan dan menjadi representasi pemilik saham mayoritas perusahaan BUMN Pertamina, entah siapa bosnya," tutupnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA