Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Megawati Singgung Kelompok Pencari Rente saat Pandemi, Hasto: Tidak Ada Muatan Politik, Itu Autokritik

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 10 Januari 2022, 16:01 WIB
Megawati Singgung Kelompok Pencari Rente saat Pandemi, Hasto: Tidak Ada Muatan Politik, Itu Autokritik
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri/Net
Pernyataan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang menyinggung adanya pihak-pihak yang mencari keuntungan atau rente atas nama pandemi Covid-19 coba diurai oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Hasto Kristiyanto.

Kepada wartawan, Hasto memastikan bahwa apa yang disampaikan Megawati sebatas kritik dan autokritik terhadap bangsa Indonesia. Seharusnya di tengah pandemi ini semua pihak menyatu dengan rakyat untuk bangkit dari keterpurukan.

"Apa yang disampaikan Bu Mega tadi kalau lihat dari pidatonya secara lengkap, sebenarnya beliau menyampaikan ini sebagai kritik autokiritik bagi bangsa, termasuk bagi PDI Perjuangan sendiri," katanya.

Hasto menuturkan, kalau dalam cerita pewayangan selalu digambarkan bahwa setiap karakter atau manusia memiliki sisi positif dan negatif.  Hanya tuhan yang sempurna.

Sementara dalam urusan PCR, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah bersikap tegas dan berkali-kali turun tangan hingga harganya bisa turun dan terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Kita lihat mengapa untuk menurunkan biaya PCR itu harus Presiden yang turun tangan? Setelah Presiden turun tangan baru itu turun (harganya),” tuturnya.

Padahal, di tengah pandemi ini seharusnya yang dikedepankan semua pihak bukanlah menggunakan pandemi untuk kepentingan kelompok atau orang perorangan hingga memperkaya diri. Tapi harus murni digerakkan oleh hasrat kemanusiaan untuk menyatu dengan rakyat itu.

"Sehingga Bu Mega tadi mengatakan dalam kondisi krisis termasuk yang maha hebat sekalipun kuncinya adalah persatuan dengan rakyat. Tapi, kuncinya juga bagaimana pemimpin ini kokoh dalam prinsip, bagaimana pemimpin ini memberikan arah, bagaimana pemimpin ini terus memberikan kepemimpinan yang solutif, itu kan tadi disampaikan oleh Bu Megawati dengan gamblang," imbuhnya menegaskan.

Atas dasar itu, Hasto menegaskan bahwa tidak ada tendensi politik apapun dari pernyataan Megawati Soekarnoputri terkait adanya pihak-pihak yang memanfaatkan pandemi Covid-19 sebagai ladang bisnis.

"Tidak ada muatan politik di dalamnya, kecuali hasrat yang sebenar-benarnya bahwa di dalam ulang tahun partai ini kita ingin mendarmabaktikan seluruh gerak PDIP bagi kepentingan bangsa dan negara," demikian Hasto.

Di satu sisi, Ketua Majelis Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) Iwan Sumule, telah melaporkan dua menteri di Kabinet Indonesia Maju atas dugaan kolusi dan nepotisme. Ini lantaran perusahaan yang diduga berafiliasi dengan kedua menteri tersebut ditengarai berbisnis PCR.

Sementara itu, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dalam pidato di HUT PDIP menyesalkan adanya sejumlah kelompok yang memanfaatkan pandemi Covid-19 untuk mencari keuntungan materi.

“Ada juga suatu kelompok kepentingan yang bertindak bagaikan benalu yang menginduk pada inangnya. Atas nama pandemi mereka masih saja mencari keuntungan materi," kata Megawati tanpa menjelaskan siapa yang dimaksud.

ARTIKEL LAINNYA