Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Soal Kandidat Pilpres, Hasto: Semua Ada Tahapannya, Jangan Grusa-grusu

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 10 Januari 2022, 17:54 WIB
Soal Kandidat Pilpres, Hasto: Semua Ada Tahapannya, Jangan Grusa-grusu
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto/RMOL
Sesuai arahan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, semua elemen partai harus fokus terkait penanganan pandemi Covid-19. Namun begitu, selaku partai pemenang Pemilu, PDIP tetap melakukan konsolidasi dan mempersiapkan diri dengan menuu Pemilu 2024.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Hasto Kristiyanto kepada wartawan saat jumpa pers virtual, Senin (10/1).

"PDIP adalah partai yang mempersiapkan diri di dalam gerak kepartaian bersama rakyat dengan turun ke bawah sebagai senjata yang paling efektif untuk memenangkan Pemilu, kata Bu Mega dalam pidato politik tadi. Sehingga segala sesuatunya ada tahapannya," kata Hasto.

"Tadi Bu Mega mengatakan di tengah optimisme muncul kekhawatiran baru adanya varian Omicron dengan daya yang lebih luas jangkauannya. Maka ini yang menjadi skala prioritas PDIP dulu," imbuhnya.

Hasto menambahkan, sebenarnya PDIP menunjukkan progres, karena PDIP bukanlah partai yang bermain pada putaran terakhir. PDIP memenangi Pemilu bukan dengan cara serangan fajar, ilmu-ilmu kilat H-1, ataupun serangan-serangan khusus H-1. Itu bukan PDIP, tegas Hasto.

Terkait siapa yang akan diusung sebagai capres maupun cawapres, keyakinan PDIP harus berdasarkan ideologi Pancasila dan selalu ada campur tangan dari Tuhan.

"Tapi partai mempersiapkan diri terus. Kader-kader partai menggembleng diri sendiri terus. Bagaimana Bu Mega mengambil keputusan politik, selalu diawali dengan dialog dengan merenung, dengan melihat tantangan bangsa ini ke depan, melihat orang ini bagaimana. Maka kalau Bu Mega sudah mengambil keputusan itu biasanya fix, enggak berubah-ubah. Enggak mudah goyang," tuturnya.

"Bu Mega ketika jadi Presiden enggak pernah reshuffle kabinetnya. Ketika jadi Ketum enggak pernah ganti DPP-nya. Karena sekali ambil keputusan ya itulah yang harus dijalankan. Sehingga untuk urusan Pilpres kami diingatkan untuk tidak grusa-grusu terkait dengan calon. Karena semuanya ada tahapannya," demikian Hasto.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA